Live Export

Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara – November 2022

Dr Ross Ainsworth, 15/12/2022

Ross Ainsworth's SE Asia Report

See Bahasa Indonesia translation

 

See Vietnamese translation

 

Edisi ke-108 : November 2022.

Poin-poin Utama :                   

  • Penyakit Kulit Lumpy (LSD) kini telah dikonfirmasi di Jawa Timur, hal ini menghadirkan ancaman baru ke daerah Bali dan gugusan Pulau Timur Indonesia.
  • Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Indonesia tembus 8 juta dosis.

 

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $5.05/kg bobot hidup (Rp 10.300 = AUD $1)

Harga sapi potong tetap stabil di Rp52.000 per kg bobot hidup dalam mata uang Rupiah, sementara nilai AUD di atas telah menurun akibat melemahnya AUD terhadap Rupiah selama bulan November. Berdasarkan pendapat pasar secara umum, permintaan konsumen masih sangat lemah dengan jumlah jual beli yang cukup rendah pada harga statis ini. Informasi yang saya dapat bahwa ada sejumlah besar Daging Kerbau India (IBM) di pasaran dengan harga Rp 104.900 per kg di Lotte Mart selama bulan November. Mungkin juga ada kelanjutan penjualan dari stok penyembelihan ternak secara darurat karena Penyakit Mulut dan Kuku yang menekan permintaan daging sapi segar meskipun saya tidak dapat menemukan data tertulis tentang jumlah untuk item ini. Inflasi makanan masih menjadi masalah utama di seluruh Indonesia seperti halnya di seluruh dunia, sehingga hal ini kemungkinan juga berkontribusi terhadap permintaan daging sapi segar yang kurang. Harga ayam relatif stabil di Rp 40.000 per kg.

Semua daging IBM diimpor dalam keadaan beku, dihilangkan tulangnya, dan dihilangkan lemaknya sehingga label “Segar” pada gambar di atas hanyalah bagian dari pelabelan yang normal mereka lakukan. Rp104.900/kg atau AUD $10.18/kg.

Harga daging eceran tetap stabil dengan pasar tradisional Pasar Modern di BSD tetap di harga Rp165.000 per kg untuk daging segar sementara harga Super Indo kembali ke harga normal di Rp174.500.

Total vaksinasi nasional per 9 Desember 2022 dari website pemerintah https://siagapmk.crisis-center.id/ 

Data vaksinasi Bali pada 9 Desember 2022. Total semua jenis ternak yang divaksinasi adalah 803.897 yang mendekati 10% dari angka nasional.

Program vaksinasi FMD berjalan lambat meskipun sangat sulit untuk memahami keadaan sebenarnya dari program pengendalian karena pengaturan pelaporan pemerintah sama sekali tidak memadai untuk membuat penilaian yang masuk akal. Jumlah ternak nasional tidak diketahui atau jika ada tidak dipublikasikan. Jika 8 juta ekor ternak telah divaksinasi, berapa proporsi ternaknya? Berapa proporsi dari vaksinasi tersebut yang merupakan dosis kedua? Jika ternak sapi nasional, seperti yang diklaim oleh beberapa sumber, sekitar 14 juta maka kita memerlukan dua dosis atau 28 juta vaksinasi sebelum ternak dapat terlindungi dengan baik, dengan suntikan ketiga diperlukan untuk perlindungan yang kuat dan berkelanjutan. Tampaknya meskipun tidak ada kekurangan vaksin, masalahnya masih ada pada dana dan sumber daya untuk pengiriman vaksin itu sendiri untuk hewan ternak.

Hal ini terasa sangat mahal ketika rata-rata pemilik ternak hanya memiliki 2 ekor sapi sehingga kebutuhan logistik untuk mencari, mengunjungi, menyelesaikan langkah-langkah biosekuriti, memvaksinasi setiap hewan dengan jarum suntik sekali pakai, dll., kemudian pengemasan dan pemindahan ke peternak berikutnya merupakan proses yang sangat lambat dan mahal. Oleh karena itu, diperlukan waktu bertahun-tahun untuk mencapai tingkat perlindungan kawanan ternak yang kuat. Bertambahnya LSD ke dalam campuran membuat setiap aspek biaya dan kerumitan bertambah.

Sapi pada foto di bawah ini berada di dekat rumah saya di Bali dimana terdapat sekitar 100 ekor sapi dalam jarak 400 meter dari rumah saya di kawasan wisata utama Seminyak. Setelah pergi sekitar 3 minggu saya mengambil foto di bawah ini dari sapi-sapi ini yang telah diberi tag telinga dengan teknologi baru pemerintah menggunakan kode QR untuk menyimpan data vaksinasi dan riwayat hewan lainnya. Sebagian besar sapi dewasa lokal di daerah saya sekarang telah memiliki tanda ini tetapi masih ada beberapa yang tidak.

Sapi-sapi ini telah diberi tanda dan kemungkinan telah diberikan vaksinasi kedua selama 3 minggu saya pergi ke Australia. Mereka awalnya diidentifikasi divaksinasi sekitar 2 bulan yang lalu menggunakan pita merah di leher mereka yang telah jatuh.

Tag telinga baru termasuk kode QR yang dapat terintegrasi menggunakan ponsel pintar untuk informasi yang berkaitan dengan hewan tersebut. Perhatikan luka lalat di dekat mata dan lalat kerbau di bahu.

LSD kini telah mulai menyebar ke seluruh Sumatera bagian selatan dan Jawa dengan banyak laporan kasus klinis di daerah Malang di ujung timur pulau Jawa. Malang berjarak kurang dari 200km dari pulau Bali apabila burung gagak terbang atau dalam hal ini serangga terbang. Beberapa pengamat lokal berpendapat bahwa penyebaran yang cepat melalui Jawa lebih mungkin disebabkan oleh perpindahan hewan ilegal dengan truk daripada melalui penularan serangga.

Ini berarti bahwa sapi di Bali akan terancam pada beberapa bulan mendatang di musim hujan ketika angin bertiup hampir langsung dari Jawa ke Bali. Tidak ada sapi hidup yang diizinkan memasuki Bali dari lokasi lain termasuk Jawa sehingga setiap infeksi LSD di Bali lebih mungkin terjadi melalui penularan serangga atau perpindahan fisik dari bahan yang terinfeksi. Angka resmi yang disampaikan pemerintah pada 3 Desember menyatakan bahwa 11.474 kasus LSD kini telah dikonfirmasi di 6 provinsi. Ini mungkin perkiraan yang sangat konservatif.

Tanda berwarna merah adalah Blitar, tempat konfirmasi LSD positif terbaru. Banyak kasus yang belum terkonfirmasi di sebelah timur Blitar yang sangat dekat dengan Bali. Jarak dari Surabaya ke Timor sekitar 1200km. Jarak langsung dari Timor ke Darwin sekitar 830km.

Induk dan anak sapi ini berada di kelompok kedua sapi Bali di dekat rumah saya. Seperti yang dapat Anda lihat pada dua foto sapi terakhir, terdapat banyak lalat yang hinggap pada badan sapi ini, yang cukup normal selama musim hujan. Jika LSD datang ke Bali dalam beberapa bulan ke depan jumlah lalat yang tinggi ini akan mengakibatkan kesengsaraan bagi ternak, karena segala jenis serangga penggigit menyerang sejumlah besar luka LSD yang akan diderita setiap hewan.

 

 

 

Sapi Bakalan Darwin harga telah turun dari $5.25 di bulan Oktober menjadi $5.00 per kg bobot hidup di bulan November yang berlawanan dengan tren harga biasanya pada tahun ini. Harga sapi yang telah jadi, merosot secara substansial di Australia timur dan ini telah mengurangi permintaan akan sapi bakalan dari Australia utara ke negara bagian timur. Permintaan yang berkurang dari timur ini mungkin merupakan penjelasan untuk harga sapi bakalan Darwin yang sedikit lebih lemah. Berkat kerja efisien Carleen Mitchell dari Otoritas Pelabuhan Darwin, kami memiliki data terkini tentang semua ekspor ternak dari Darwin pada bulan November dan data tersebut diberikan pada tanggal 1 Desember. 19.685 sapi diekspor ke Indonesia dengan 8 kapal terpisah selama bulan November. Sayang sekali bahwa lembaga pemerintah federal yang mengumpulkan data yang sama tidak dapat menyediakannya untuk semua pelabuhan Australia secara tepat waktu.

Statistik ekspor ternak Otoritas Pelabuhan Darwin bulan November 2022.

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $5.28 / kg (VND 16,300 = AUD $1)

Tidak ada perubahan lagi pada harga sapi potong selama November dengan angka indikator tetap pada Dong 86.000 per kg bobot hidup. Penurunan harga AUD di atas disebabkan oleh melemahnya dolar Australia secara substansial terhadap sebagian besar mata uang termasuk Dong selama sebulan terakhir. Importir Vietnam akan terdorong oleh penurunan mendadak harga sapi potong di timur dan selatan Australia. Sapi potong dan sapi jantan yang cocok untuk Vietnam dijual dengan harga sekitar AUD $4 atau kurang per kg bobot hidup di Townsville yang seharusnya memberi importir peluang yang masuk akal untuk setidaknya mencapai titik impas sekali lagi.

Dari awal tahun 2022 hingga sekarang, seluruh bagian negara telah mengalami 1.185 wabah Demam Babi Afrika (ASF) di 52 provinsi dan kota, yang memaksa pemusnahan 54.533 babi. Pada bulan November, seluruh wilayah negeri mengalami 23 wabah di 20 kabupaten di 14 provinsi.

Dalam terobosan internasional yang besar, Kementerian Pertanian telah mengumumkan bahwa Vietnam telah berhasil memproduksi vaksin komersial pertama di dunia melawan ASF pada Juni 2022. Vaksin tersebut dikembangkan melalui kolaborasi antara perusahaan Vietnam Navetco dan para peneliti dari lembaga penelitian Pertanian AS. Produk ini sekarang masih dalam proses persetujuan pendaftaran.

Daging kerbau India online, seharga Dong 108.000 / kg (AUD $6.63) dalam 20kg karton.

Daging sapi impor Australia segar, secara online seharga Dong 456.000 per kg atau AUD $27.97

Penjualan online daging Kerbau India seharga Dong 115.000 per kg (AUD$7,06) – untuk 20kg karton.

China :  Sapi Potong AUD $7.69 / kg bobot hidup  (RMB 4.75 = AUD $1)

Harga sapi potong terus naik selama bulan ini dengan kenaikan kecil di Beijing dan Shanghai. Harga AUD di atas lebih rendah akibat perubahan kurs silang AUD/Yuan. Sapi potong dalam negeri dan produksi daging sapi diprediksi meningkat selama 2023. Impor dari Amerika Selatan diperkirakan menurun tahun depan karena berkurangnya pasokan. Terlepas dari pasar daging sapi yang sulit dan masalah ekonomi secara umum pada tahun 2023, Australia diperkirakan akan meningkatkan ekspornya ke China karena jumlah ternaknya telah pulih dan tingkat pemotongan mulai meningkat. Jika kekeringan terjadi di AS, kemungkinan besar akan terjadi penurunan tajam dalam tingkat pemotongan sehingga persaingan gabungan Amerika utara dan selatan mungkin akan mengalami penurunan tajam.

Tragedi MV Gulf Livestock 1.

Pada tanggal 11 Desember, ABC menerbitkan sebuah artikel “Into the storm” yang memberikan informasi terbaru tentang hilangnya kapal dan 41 awak kapal secara tragis termasuk 2 warga Australia, Lukas Orda dan William Mainprize lebih dari 2 tahun yang lalu. Kapal itu mengekspor kurang dari 6.000 sapi perah dari Selandia Baru ke Cina. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh pemerintah Selandia Baru mengatakan, sepertinya, tenggelamnya kapal itu disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor termasuk “setidaknya faktor mekanis, meteorologi, dan manusia”. Karena kapal itu terdaftar di Panama, tanggung jawab penyelidikan atas tenggelamnya kapal itu ada pada Otoritas Maritim Panama. Setelah dua tahun yang panjang, keluarga para pelaut yang hilang masih menunggu rilis laporan Otoritas Panama. Penundaan ini tidak dapat dipertahankan dan harus mendorong pemerintah Australia untuk membuat pengajuan yang sangat serius kepada pemerintah Panama untuk menuntut penyelesaian cepat dalam penyelidikan dan publikasi laporan akhir.

41 pelaut yang hilang dari Gulf Livestock 1.

Filipina  :  Sapi Potong AUD $3.42 / kg (Peso 38.0 = AUD $1)

Untuk pertama kalinya sejak Januari 2022 harga sapi potong naik tipis dari Peso128 menjadi Peso130 per kg bobot hidup. Selain itu hanya sedikit yang dilaporkan, kecuali ASF tetap menjadi masalah serius di seluruh negeri dengan kontrol pergerakan yang ketat dan tindakan biosekuriti lainnya yang ditegakkan dengan kuat. Ancaman Covid 19 tampaknya terkendali dengan baik seperti di sebagian besar negara lainnya.

Thailand  :  Sapi Potong Steers AUD $4.08 / kg (Baht 23.8 = AUD $1)

Harga sapi potong melemah dari Baht 100 di bulan Oktober menjadi Baht 97 di bulan November. Rata-rata ini terdiri dari : harga sapi ukuran besar B101-103 untuk sapi dengan bobot lebih dari 600kg dan tarif 92-94 untuk bobot 450kg hingga 600 kg. Daging sapi di pasar tradisional sedikit lebih murah dengan Baht 280 per kg.

Meskipun dengan tarif yang lebih rendah, banyak feedlot mulai menimbun ternak mereka karena ada harapan bahwa perdagangan ke China akan segera dibuka kembali setelah lockdown karena pandemi Covid 19. Agen saya juga melaporkan bahwa personel FAO telah memberi tahu bahwa banyak penyelundup sapi lintas batas ilegal China-Laos telah dipenjara setelah tertangkap mencoba menyelundupkan sapi ke China selama pandemi.

Toko Daging Victor Churchill, High Street, Armadale.

Pada tahun 2021, tukang daging terkenal di Sydney, Victor Churchill, membangun bangunan bergaya Victoria pertama mereka di High Street, Armadale. Dan itu luar biasa. Saya mengunjungi Melbourne selama bulan November untuk merayakan ulang tahun ke 70 saya bersama keluarga dan teman. Anak perempuan saya tahu bahwa saya adalah penggemar daging, sehingga ketika mereka menemukan tempat yang merupakan gabungan dari toko daging, restoran, dan bar anggur ini, mereka memesannya untuk makan siang di hari ulang tahun saya. Foto-foto di bawah menceritakan kisah yang tidak bisa diungkap dengan kata-kata. Makanan sensasional, daftar anggur, dan layanan di ruang kecil yang dirancang dengan indah di belakang toko daging bintang 5. Harganya sama menggiurkannya dengan makanannya yang lezat, tetapi itu adalah pengalaman yang luar biasa sehingga biayanya merepresentasikan nilai dari suatu pengalaman. Saya akan kembali. Sangat direkomendasikan.

Dirancang dengan indah dan dilengkapi dengan nuansa privasi dan nyaman meskipun berada di belakang toko daging eceran yang ramai.

Layanan luar biasa dari staf yang sangat professional.

Makanan disiapkan di dapur kecil di belakang bar.

Dan daging sapi yang luar biasa ini terasa lebih enak dari kelihatannya.

Semua produk yang dijual disajikan dalam lemari cantik yang akan sesuai dipajang di toko perhiasan kelas atas.

 

 

November 2022

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Location Date Wet Market

AUD$/kg

Supermarket

$/kg

B = buffalo$

Broiler chicken

$/kg

Live Steer

Slaughter Wt

AUD$/kg

Indonesia June 22 15.53 19.15 B12.52 3.88 5.24
Rp10,300 July 22 15.53 16.94 B12.52 4.08 5.15
Rp10.300 August 22 16.02 20.68 B10.70 3.88 5.15
Rp10,000 Sept 22 16.50 17.45 B10.99 4.00 5.20
Rp9,800 October 22 16.84 16.22 B11.22 3.88 5.31
Rp10,300 November 22 16.02 16.94 B10.18 3.88 5.05
Philippines June 22 14.40 15.20 4.93 3.41
P38.75 July 22 13.94 14.71 NA 3.30
P39.0 August 22 13.85 14.62 4.92 3.28
P38.4 Sept 22 14.06 14.84 NA 3.33
P37.5 October 22 14.93 16.00 5.41 3.41
P38.0 November 22 14.74 15.79 4.97 3.42
Thailand June 22 12.24 NA 4.16 4.08
THB 24.8 July 22 NA NA NA 4.03
THB 25.0 August 22 12.00 NA 3.76 4.00
THB 24.8 September 22 10.88 NA 3.47 4.03
THB 24.2 October 22 NA NA NA 4.13
THB 23.8 November 22 11.76 NA 3.60 4.08
Vietnam June 22 18.90 19.15 7.13 5.30
D16,000 July 22 19.38 19.63 8.06 5.43
D16,400 August 22 17.39 19.39 7.32 5.30
D15,700 Sept 22 18.15 20.00 7.00 5.48
D15,500 October 22 18.06 20.26 7.74 5.55
D16,300 November 22 17.18 19.26 7.36 5.28
China Beijing June 22 18.72 19.57 4.26 7.15
Y4.62 July 22 19.48 21.65 3.90 7.14
Y4.73 August 22 19.45 22.40 4.14 7.10
Y4.70 Sept 22 20.43 23.4 4.21 7.62
Y4.57 October 22 21.44 24.07 4.47 7.92
Y4.75 November 22 18.95 21.47 5.05 7.68
Shanghai June 22 19.15 23.83 4.09 7.19
Pork per kg July 22 19.05 23.38 4.11 7.14
Beijing Y34.0 August 22 19.03 23.26 4.06 7.02
ShanghaiY36.8 Sept 22 20.21 24.68 4.21 7.70
October 22 21.01 25.82 4.49 7.99
November 22 20.63 24.84 4.32 7.70
Darwin Feeder Steer Sept 2020

$3.45

October 2020

$3.90

Nov 2020

$4.00

Dec 2020

$4.00

Jan 21

$4.10

Feb 21

$4.30

March 21

$4.30

April 21

$4.20

May 21

$4.10

June 21

$4.10

July 21

$4.05

August 21

$4.25

Sept 21

$4.20

Oct 21

$4.30

November 21

$4.50

December 21

$4.70

January 22

$5.35

February 22

$5.45

March 22

$5.53

April 22

$4.80

May 22

$4.80

June 22

$4.80

July 22

$3.85

August 22

$4.20

September 22

$4.70

October 22

$5.25

November 22

$5.00

 

HAVE YOUR SAY

Your email address will not be published.

Your comment will not appear until it has been moderated.
Contributions that contravene our Comments Policy will not be published.

Comments

Get Beef Central's news headlines emailed to you -
FREE!