Live Export

Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara – Desember 2020

Dr Ross Ainsworth, 15/01/2021

Ross Ainsworth's SE Asia Report

English version/versi bahasa Inggris

 

Edisi ke-85: Desember 2020

Pembaca yang budiman,

Selama beberapa tahun terakhir saya menyajikan terjemahan laporan bulanan tentang daging sapi dalam Bahasa Indonesia untuk menjangkau kalangan pembaca Indonesia yang lebih luas.

Saya mendanai layanan ini menggunakan dana pribadi, namun sayangnya saya tidak dapat lagi memberikan layanan ini.

Jika ada orang atau perusahaan yang ingin mendanai terjemahan tersebut, maka saya akan dengan senang hati mendiskusikan detailnya dengan mereka dan menyediakan ruang iklan di blog ini sebagai imbalan atas masukan mereka.

Biayanya sekitar AUD $100 per bulan.

Jika tidak ada pembaca yang berminat, maka saya akan menghentikan penyajian terjemahan meskipun versi asli bahasa Inggris laporan saya akan tetap berlanjut.

Terima kasih atas dukungan Anda sekalian.

Dr Ross Ainsworth

Penulis Laporan Daging Sapi Asia Tenggara.

Poin-Poin Utama

  • Para importir masih terus berjuang menghadapai kesulitan akibat kombinasi antara nilai tukar AUD yang kuat dengan meningkatnya harga sapi Australia
  • Harga eceran daging sapi di Indonesia dan Vietnam tetap stabil, kendati terjadi kenaikan tajam pada CIF dan harga sapi potong
  • Setelah 4 tahun mengalami muson yang lemah, musim hujan Australia yang “normal” kembali membatasi akses ke sejumlah kecil kawanan sapi yang masih tersedia untuk diekspor sebagai ternak hidup.

 

Indonesia: Sapi Potong Steer AUD $4,21/kg bobot hidup (Rp10.700 = $1AUD)

Harga sapi potong steer kembali naik di akhir bulan, dengan harga indikator Rp45.000 per kg bobot hidup. Harga Rp 46.000 bukan lagi hal yang baru, bahkan sejumlah pedagang menyebutkan harga mencapai setinggi Rp 48.000 untuk sapi tertentu. Harga eceran akhirnya naik tetapi dengan margin yang sangat kecil, yang mencerminkan bahwa para penjual daging belum dapat menaikkan harga secara penuh bagi para pelanggan mereka. Kenaikan harga daging sapi eceran di pasar basah dilaporkan meningkat hingga Rp5.000 (50 sen) per kg untuk potongan daging tertentu, yang masih jauh di bawah kenaikan harga sapi potong. Selama beberapa bulan ke depan, kenaikan penuh harga perlahan-lahan akan terjadi terhadap para pelanggan ritel, tetapi untuk sementara  tampaknya sebagian besar biaya tambahan sapi potong akan ditanggung oleh kalangan pengusaha feedlot, tukang jagal, dan pengecer. Daging kerbau India membantu mengisi kesenjangan bagi para konsumen yang memiliki dana terbatas. Diskon daging kerbau beku tidak lagi menjadi fitur di pasar daging eceran, dimana harga Rp80.000 per kg mulai tampak berlaku di sebagian besar pasar.

Daging kerbau beku di supermarket Giant di BSD City, Jakarta. Rp80.000 = AUD $7,48.

Grafik dari MLA di atas mencerminkan penurunan tingkat impor sapi bakalan,  meskipun kenaikan di atas 400.000 ekor selama 11 bulan merupakan angka yang sangat menggembirakan jika memperhitungkan 40% kenaikan harga sapi bakalan sejak April 2020. Jumlah ekspor sapi bakalan pada bulan November mendekati 20.000 ekor sementara 30.000 ekor dikirim ke berbagai pelabuhan Indonesia selama bulan Desember 2020.

Harga sapi steer bakalan Darwin $4 per kg bobot hidup, dengan pembelian yang mendesak di sejumlah feedlot mencapai $4,18. Harga diperkirakan akan berfluktuasi di masa depan, antara $4 hingga $4,05 hingga musim baru kembali dimulai pada bulan April/Mei. Sapi potong Townsville masih terus berada pada level tertinggi di $3,70 hingga $3,80 untuk sapi-sapi yang berat, dan sesekali dilaporkan mencapai $4 untuk truk terakhir yang membawa sapi yang dibutuhkan untuk mengisi kapal ternak sampai penuh.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,60/kg (VND17.400 = $1AUD)

Harga sapi potong kembali naik di seluruh pasar selama bulan Desember, di mana harga rata-rata naik sebesar Dong 4.000 per kg, atau dua kali lipat kenaikan di bulan lalu. Akibatnya, terjadi penurunan permintaan, meskipun agen saya melaporkan bahwa tidak ada perubahan harga di pasar basah, dengan kenaikan tipis di supermarket sehingga tampaknya importir dan tukang daging di Vietnam juga menyerap sebagian besar kenaikan harga yang terjadi di Australia saat ini.

Terlepas dari peningkatan pesat dalam tingkat impor yang ditunjukkan di atas, pasokan daging sapi lokal tetap mengalami tekanan dalam banyak hal karena kombinasi banjir yang parah, penurunan jumlah ternak dalam negeri, cuaca terkini yang sangat dingin, dan wabah penyakit kulit baru pada sapi di kawasan Hanoi. Flu Babi Afrika (African Swine Fever/ASF) masih terus menghadirkan malapetaka dalam industri daging babi dalam negeri. Pemerintah melaporkan kematian hampir 6 juta ekor babi sejak awal epidemi terjadi pada tahun 2018. Dengan perpaduan kekuatan pasar seperti ini, kita hanya dapat berharap bahwa konsumen Vietnam secara perlahan dapat menerima harga yang lebih tinggi selama 3-6 bulan ke depan, karena peluang penurunan harga CIF nyaris tidak ada.

Peta FAO menunjukkan kejadian Lumpy Skin Disease di Vietnam Utara pada tahun 2020.

Tiongkok: Sapi Potong, AUD $7,29/kg bobot hidup (RMB 4,94 = 1$  AUD)

Harga sapi potong relatif stabil selama bulan Desember. Beijing dan Shanghai melaporkan tingkat harga Y36 per kg bobot hidup. Harga daging sapi eceran sedikit lebih lemah pada periode Desember, sementara harga daging babi naik tajam di Beijing (naik 6%) dan Shanghai (naik 15%). Peta OIE di bawah ini menunjukkan bahwa epidemi ASF masih terus berlangsung di seluruh kawasan Tiongkok dimana sejumlah wabah baru dilaporkan merebak pada babi peliharaan di rumah-rumah penduduk, di usaha peternakan dengan skala yang lebih besar, dan pada babi hutan, sejak tanggal 11 hingga 24 Desember 2020.

 

Peta OIE menunjukkan situasi ASF di Asia pada periode 11 hingga 24 Desember 2020

Filipina: Sapi Potong, AUD $6,99/kg (Peso 36,5 = $1 AUD)

Bulan lalu, saya mendapatkan sejumlah komentar dari orang-orang Filipina yang menyatakan bahwa harga yang saya laporkan lebih tinggi daripada harga pasar yang sebenarnya. Hal ini kemudian saya bahas dengan orang yang melaporkan harga kepada saya, dan ia menjawab bahwa meskipun harganya sangat tinggi, namun hal itu mencerminkan harga sesungguhnya di daerahnya di Mindanao, di mana pandemi menjadi penyebab timbulnya sejumlah biaya baru yang terkait dengan produksi, pembelian, pengolahan dan distribusi sapi potong. Di daerah-daerah lain, biaya pemotongan sapi dan daging mungkin lebih murah, tergantung pada sejauh mana dampak Covid 19. Saya meminta saran dari sejumlah orang lainnya tentang harga di Mindanao dan Luzon tetapi tidak mendapatkan masukan yang dibutuhkan. Jika ada orang di sana yang bersedia membantu saya mendapatkan data akurat dari tempat tersebut, saya akan senang mendengar masukan dari mereka. Reporter saya juga berharap dapat menemukan sumber informasi tentang harga lain di wilayah Manila.

Untuk saat ini, pendapat saya adalah harga sapi potong dan harga eceran daging sapi masih tetap sama seperti bulan lalu.

MLA melaporkan bahwa selama bulan November, ada 5.300 ekor sapi diekspor dari Australia ke Filipina. Ini adalah peningkatan yang signifikan dibandingkan rata-rata dari bulan-bulan sebelumnya.

Daging sapi produksi lokal dari sebuah outlet mal di General Santos City, Mindanao selatan @ AUD $13,97 per kg

Harga daging sapi lokal termasuk diskon menjadi @ AUD$8.77 per kg.

Harga daging sapi lokal termasuk diskon menjadi @ AUD$8.77 per kg.

Daging Iga Sapi di mall General Santos @ AUD$27,40 per kg.

Daging T-bones lokal seharga @ AUD$23,29 per kg di General Santos Mall.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,63/kg (Baht 22,7 = $1AUD)

Harga sapi potong dalam negeri tetap stabil dalam mata uang lokal selama bulan Desember, meskipun harga sapi bakalan melonjak tajam dari 115-120 Baht menjadi 130-134 Baht per kg bobot hidup. Agen saya mengatakan bahwa volume sapi bakalan selundupan dari perbatasan Myanmar telah jauh berkurang karena merebaknya wabah Covid 19 di Thailand yang ditelusuri hingga ke para tenaga kerja dari Myanmar.

Pasar Queen Victoria, pasar basah original di Melbourne

Pasar ini benar-benar pasar “basah” seperti 50 tahun yang lalu ketika saya masih menjadi mahasiswa di Universitas Melbourne. Banyak daging dan ikan dijual di kedai-kedai tanpa lemari es yang menggunakan es untuk mempertahankan kesegaran produknya. Volume yang diperdagangkan dikelola dengan cermat untuk memastikan bahwa hampir semuanya terjual dalam satu hari. Saat ini, lokasinya masih merupakan pasar ritel yang dinamis, yang kini diubah menjadi teampilan dengan lemari pendingin modern. Produk-produk pada umumnya dijual pada kisaran harga terendah dengan banyak tawar-menawar untuk pembeli yang hemat. Ketika saya masih menjadi mahasiswa, sebagian besar pedagang di sini berasal dari Eropa namun saat ini mayoritas mereka berasal dari Asia.

 

Banyak diskon yang ditawarkan untuk menarik pembeli yang paham betul mengenai harga..

 

Round/Knuckle dijual seharga AUD $12,99 di Melbourne sementara di Pasar Modern BSD City, Jakarta dijual seharga AUD $12,15

Sementara itu di sisi lain, di Neil’s Meats yang mengkhususkan diri pada produk Hereford di pinggiran kota kawasan kelas atas di Prahran Melbourne.

Desember 2020

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

 

Location Date Wet Market

AUD$/kg

Super market

$/kg

Broiler chicken

$/kg

Live Steer

Slaughter Wt

AUD$/kg

Indonesia July 20 12.75 13.68 B$8.09 3.92 3.97
Rp10,700 August 20 12.15 13.83 B$7.47 2.99 3.83
Rp10,700 Sept 20 12.43 13.55 B$7.48 3.27 3.83
Rp10,500 Oct 20 12.38 15.05 B7.62 3.14 4.05
Rp10,350 Nov 20 12.56 15.27 B7.25 3.57 4.17
Rp10,700 Dec 20 12.15 14.77 B7.48 3.55 4.21
Philippines July 20 14.99 14.99 3.46 5.91
P35.4 August 20 14.69 14.69 3.67 5.79
P35.0 Sept 20 15.43 14.86 3.49 5.85
P34.6 Oct 20 16.18 16.76 4.05 6.50
P35.3 Nov 20 16.43 16.71 4.67 7.22
P36.5 Dec 20 15.89 16.16 4.52 6.99
Thailand July 20 10.00 NA 3.18 4.41
THB22.6 August 20 10.18 NA 3.10 4.69
THB22.6 Sept 20 10.18 NA 3.10 4.56
THB22.2 Oct 20 10.36 NA 3.15 4.73
THB22.1 Nov 20 10.41 NA 3.17 4.75
THB22.7 Dec 20 10.13 NA 3.08 4.63
Vietnam July 20 18.90 16.83 4.27 4.39
D16,800 August 20 18.45 15.89 5.12 4.29
D16,700 Sept 20 18.56 15.99 5.15 4.43
D16,600 Oct 20 18.67 16.08 4.82 4.46
D16,900 Nov 20 18.34 15.79 NA 4.50
D17,400 Dec 20 17.82 18.97 4.42 4.60
China Beijing July 20 16.16 17.41 3.64 6.44
Y5.0 August 20 17.20 18.92 3.52 6.82
Y4.9 Sept 20 18.78 20.00 3.71 7.55
Y4.8 Oct 20 20.00 21.25 3.79 7.92
Y4.82 Nov 20 19.92 21.99 4.06 7.47
Y4.94 Dec 20 18.22 21.46 3.85 7.29
Shanghai July 20 17.90 21.82 3.43 6.55
Pork per kg August 20 17.72 22.00 3.50 6.64
Beijing Y56.8 Sept 20 20.82 24.08 3.57 7.76
ShanghaiY45.2 Oct 20 21.88 25.00 3.58 7.92
Nov 20 21.83 24.89 4.11 7.72
Dec 20 19.43 23.89 3.60 7.29
Darwin Feeder Steer June 19

$2.90

July 19

$3.00

August 19

$3.15

Sept 19

$3.15

October 19

$3.30

Nov 19

$3.35

Dec 19

$3.25

January 2020

$3.25

Feb 2020 $3.80 March 2020

$3.40

April 20

$2.80

May 20

$3.25

June 2020

$3.40

July 2020

$3.50

August 2020

$3.40

Sept 2020

$3.45

October 2020

$3.90

Nov 2020

$4.00

Dec 2020

$4.00

 

HAVE YOUR SAY

Your email address will not be published.

Your comment will not appear until it has been moderated.
Contributions that contravene our Comments Policy will not be published.

Comments

Get Beef Central's news headlines emailed to you -
FREE!