Live Export

Laporan Pasar : Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Dr Ross Ainsworth, 11/10/2022

Ross Ainsworth's SE Asia Report

Edisi ke 106 : September 2022

Poin-poin utama                      

  • Program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku di Indonesia (PMK) kini terhenti di banyak daerah karena keterbatasan ogistic dan dana operasional.
  • Risiko PMK ke Australia kini menurun karena Bali mendapatkan prioritas untuk pengiriman vaksin.

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $5.20/kg bobot hidup(Rp10.000 = AUD $1)

Volatilitas harga sapi potong tampaknya berkurang dengan meluasnya program vaksinasi PMK dan peningkatan langkah-langkah biosekuriti yang mengurangi jumlah pemotongan sapi darurat di daerah-daerah di mana penyakit itu sebelumnya tidak terkendali. Meskipun ada perbaikan dalam manajemen penyakit, permintaan konsumen akan daging sapi segar masih lemah. Tarif indikator untuk bulan ini sedikit saya turunkan menjadi Rp52.000 per kg bobot hidup dengan kisaran dari Rp51.000 di Lampung hingga tertinggi Rp55.000 per kg untuk sapi jantan terbaik di Jawa Barat. Sementara itu, lemahnya permintaan konsumen merupakan akibat dari berbagai faktor, kenaikan biaya makanan dan energi di Indonesia mungkin merupakan faktor yang paling utama. Selama minggu terakhir bulan ini, pemerintah menaikkan harga bensin dan gas untuk memasak. Peningkatan ini akan berdampak besar di semua rantai pasokan barang dan jasa yang mengarah ke harga yang lebih tinggi di masa depan.

Lihat di bawah ini, statistik PMK nasional dari situs web pemerintah pada 30 September. (https://siagapmk.crisis-center.id/)

3,3 juta total vaksinasi yang telah diberikan adalah kabar yang sangat menggembirakan, tetapi masih ada perjalanan panjang untuk memberikan dua dosis pertama ke semua ternak yang rentan terpapar. Sebagai gambaran secara garis besar ada sekitar 14 juta sapi, 19 juta kambing, 18 juta domba, dan 9 juta babi di Indonesia. Mereka semua membutuhkan 2 suntikan dengan jarak 21 hari atau total 60 juta ekor x2 suntikan serta booster setelah 6 bulan yang menambah jumlah vaksin hingga sekitar 180 juta dosis vaksin yang diperlukan untuk memvaksinasi semua hewan yang rentan dan menghentikan perkembangan kasus PMK.

Data di bawah ini adalah data di pulau Bali pada tanggal 30 September. Jelas dari angka-angka ini bahwa program vaksinasi di Bali lebih diprioritaskan daripada di daerah lain.

Perhatikan rincian jenis-jenis ternak Bali di bawah ini yang menunjukkan awal yang baik untuk memulai vaksinasi pada babi mereka selama bulan September.

Klaim bahwa tidak ada kasus PMK baru di Bali hanyalah refleksi dari kebijakan pemerintah yang ingin menunjukkan kepada pengunjung internasional G20, serta wisatawan yang meningkat, bahwa PMK tidak menjadi masalah saat berkunjung ke Bali. Kasus di Bali memang ada, tetapi tidak dilaporkan. Yang juga tampak adalah penyakit yang cukup ringan pada sapi Bali (Bos Javanicus). Sapi jantan hanya mampu mencapai bobot melebihi 400kg bobot hidup dengan berat tertinggi jarang yang melebihi 450kg. Ketika terinfeksi, lesi pada mulut mereka tampak ringan, sedangkan berat badan mereka yang rendah, berarti bahwa jarang ada kuku yang terlepas, sehingga pemulihan cenderung lancar dan penyembelihan darurat jarang terjadi.

17 Penerbangan setiap hari dari Bali ke Australia pada pertengahan September. Dan perlahan terus meningkat.

Saya menemukan kawanan kecil sapi Bali sekitar 20 ekor, tepat di seberang BBQ Aussie Brasil di Seminyak, sebuah restoran yang sangat populer untuk turis pecinta daging.

Seperti yang telah saya sebutkan bulan lalu, persediaan vaksin saat ini mengalir sangat cepat, bahkan jauh lebih cepat daripada kapasitas pemerintah untuk mengirimkan vaksin-vaksin ini kepada ternak. Hal ini menciptakan kesulitan baru dalam system, karena tidak ada dana yang memadai dan sumber daya lainnya untuk melanjutkan pengiriman vaksin dengan cepat untuk menghentikan penyebaran penyakit PMK. Pemberian vaksin merupakan peran pemerintah daerah, tetapi dana untuk mengoptimalkan proses pengiriman dosis vaksin belum disediakan oleh pemerintah pusat. Australia dan pemerintah lain serta LSM telah membantu dengan mendanai pasokan vaksin dan pelatihan tetapi sejumlah besar uang tunai yang dibutuhkan untuk tenaga kerja, logistik, dan bahan habis pakai seperti 10 juta jarum suntik, jarum suntik dan APD masih kurang. Dana tersebut hanya didapat dari anggaran pemerintah pusat tetapi harus dikelola dan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah. Hal ini selalu menjadi dilema serius tentang pelaksanaan program pemerintah pusat ke seluruh wilayah Indonesia.

Masih belum ada konfirmasi ilmiah tentang sumber asli wabah PMK.

Daging Kerbau India (IBM).

Selama bulan September saya mengunjungi Johor Bahru di Malaysia untuk melihat harga IBM mereka. Produk pada foto di bawah ini dijual di Lotus Supermarket di mall KSL di pusat Johor Bahru. Harganya RM14.99 untuk 900 gram. Menggunakan nilai tukar $1 AUD menjadi RM 2.98, ini berarti AUD $5.59 per kg.

Harga IBM September di Jakarta adalah Rp 109.900. Dengan menggunakan kurs bulan ini Rp10.000 = $1 AUD, ini berarti AUD $10.99 per kg yang mendekati dua kali lipat harga di Malaysia.

Agen saya hanya dapat menemukan daging IBM yang tersedia melalui toko grosir online di Vietnam. Tampaknya bukan produk eceran yang umum dijual. Produk ini ditawarkan per lot, 20kg, dengan harga online Dong 119.000 per kg. Ini dikonversi ke AUD $7.58 menggunakan tingkat konversi Dong 15.700 = $1AUD

Indonesia telah mengimpor 70.000 ton daging IBM hingga saat ini. Mengingat volume impor yang sangat besar ini, mengapa konsumen Indonesia harus membayar dengan harga dua kali lipat untuk IBM, jika dibandingkan dengan Malaysia, dan 45% lebih tinggi daripada di Vietnam?

IBM beku di supermarket Lotte Mart, BSD City, Jakarta Barat.

Paket IBM beku 900 gram di supermarket Lotus di Johor Bahru, Malaysia.

Informasi mengenai Lumpy Skin Disease (LSD) masih sangat terbatas. Ada laporan resmi terjadi dua kasus di Jawa Tengah pada bulan September, tetapi saya berharap berita ini palsu, karena cara bekerja penyakitnya bukan seperti itu. Ada 2 kemungkinan, tidak ada kasus atau bantak sekali kasus yang telah terjadi karena serangga, berada di luar kendali pemerintah dan industri. Pada akhir September, ada desas-desus tentang kasus baru yang diamati di Lampung di Sumatera Selatan, tetapi ini belum dikonfirmasi hingga minggu pertama bulan Oktober.

Mengingat bahwa musim hujan akan segera tiba, saya berharap bahwa kita akan mendapatkan konfirmasi kejelasan kasus ini dalam beberapa bulan ke depan di Lampung, dan kemudian bergerak ke timur melalui Jawa. LSD di Bali pada akhir musim hujan yang akan datang ini adalah kemungkinan yang nyata. Beberapa dosis vaksin telah diimpor, tetapi hampir tidak cukup jika penyebarannya cepat yang diprediksi dimulai dalam satu atau dua bulan ke depan.

 

Sapi bakalan Darwin harganya terus meningkat, pada akhir bulan September berada di sekitar $4.70, naik lebih dari 10% dari akhir bulan Agustus. Beruntung bagi importir, Dollar Aussie melemah sekitar 8% terhadap Rupiah.

Hanya 9.462 ekor yang meninggalkan Darwin menuju Indonesia selama bulan September, salah satu angka terendah untuk waktu yang sangat lama. Situasu yang sudah kelihatan membaik, hal ini terlihat dari 4 kapal yang loading untuk Indonesia pada minggu pertama bulan Oktober. Kapal-kapal ini akan mengekspor lebih banyak feeder dalam satu minggu dibandingkan bulan sebelumnya.

Laporan vaksinasi menunjukkan angka yang akurat untuk sapi impor di feedlot Indonesia dengan angka 96.000 ekor yang dikutip pada akhir bulan September.

Dengan harga yang tinggi dan permintaan eceran yang lemah, saya tidak berharap jumlah ekspor akan meningkat sebanyak yang saya perkirakan sebelumnya. Dari bulan Oktober dan seterusnya, harga sapi bakalan di luar Darwin biasanya terus naik 10% atau lebih, selama puncak musim hujan dan tetap pada tingkat yang tinggi hingga bulan April/Mei berikutnya, ketika kumpulan kawanan utara dimulai kembali.

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $5.48 / kg (VND 15.700 = AUD $1)

Harga sapi potong sedikit menurun bulan ini, ini merupakan penurunan harga pertama dalam kurun beberapa waktu terakhir. Tingkat indikator untuk bulan September adalah Dong 86.000 per kg bobot hidup. Harga AUD di atas telah meningkat karena Dong telah menguat secara signifikan terhadap Aussie. Sementara harga tinggi untuk sapi potong Australia menyebabkan lemahnya permintaan untuk ekspor hidup, ekonomi Vietnam secara umum menunjukkan pemulihan yang kuat dengan pertumbuhan PDB pada kuartal ke-3 sebesar 13,7%. Ekspor telah naik pesat sementara konsumsi pribadi juga meningkat. Selama 9 bulan pertama tahun ini, PDB Vietnam meningkat 8,83% YoY, tingkat pertumbuhan tertinggi sejak tahun 2011. Sejumlah besar industri memindahkan basis manufaktur mereka dari China ke Vietnam dimana kondisi bisnis jauh lebih menguntungkan.

Daging kerbau di Vietnam.

Produk ini hanya tersedia secara online dalam lot 20kg dengan harga AUD $7.58 per kg.

Vietnam juga memiliki tradisi mengkonsumsi daging kerbau segar mereka sendiri dari ternak yang disembelih secara local, dan produk segar ini dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi sekitar Dong 250.000 hingga Dong 320.000 per kg.

China :  Sapi Potong AUD $7.66 / kg bobot hidup (RMB 4.70 = $1 AUD$)

Harga sapi potong meningkat tajam bulan ini di Shanghai (9%) dan Beijing (6,5%). Harga eceran untuk daging sapi, ayam, dan babi juga naik pesat di kedua lokasi ini selama bulan September.

Kondisi kekeringan parah di Tiongkok berlanjut hingga September dan Oktober. Hal ini tentu berdampak signifikan terhadap kenaikan harga pangan.

Pada akhir September, Laos dan China menandatangani MOU untuk bekerja sama untuk menghilangkan hambatan ekspor ternak hidup dari Laos ke China. Lihat artikel berita di bawah ini. Ini adalah proyek yang telah masuk dalam tahap perencanaan selama bertahun-tahun. Sampai sekitar 5 tahun yang lalu, beberapa sapi hidup dari Laos (dan lainnya dari Myanmar dan Thailand) diselundupkan melintasi perbatasan utara dekat Boten ke China. Formalisasi perdagangan telah direncanakan sejak Laos setuju untuk bekerja sama dengan China untuk memungkinkan jalur kereta api “Belt and Road” dibangun dari perbatasan Laos/China di Boten ke ibukota Laos, Vientiane. Ada proyek lebih lanjut yang direncanakan, yang melibatkan membawa sapi impor Australia yang mendarat di pantai Vietnam melalui darat, melalui Vietnam dan Laos, untuk menyelesaikan karantina mereka untuk dimasukkan ke China di dekat titik penyeberangan Boten di ujung utara. Saya tidak memiliki informasi terkini tentang status rute pasokan yang diusulkan ini, tetapi pada prinsipnya, ini tampak merupakan sarana potensial untuk mengimpor sapi potong Australia hidup ke China melalui Vietnam dan Laos.

Filipina  :  Sapi Potong AUD $3.28 / kg (Peso 39.0 = AUD $1)

Tidak ada perubahan harga sapi potong atau daging sapi eceran selama bulan September. Bahkan harga BBM tetap stabil di kisaran 72 peso per liter.

Daging Kerbau India dapat masuk ke Filipina, tetapi hanya dapat digunakan untuk bahan baku dan dilarang untuk dijual langsung dalam bentuk eceran.

Thailand  :  Sapi Potong Steers AUD $4.03 / kg (Baht 24.8 = AUD $1)

Tidak ada laporan pemotongan sapi bulan ini.

Daging Kerbau India Beku dapat masuk ke Thailand, tetapi hanya boleh digunakan untuk keperluan bahan baku dan tidak dapat dijual langsung ke konsumen di pasar eceran.

Saya mengunjungi pulau Phuket di Thailand selatan selama bulan September dan mengambil foto di bawah ini di supermarket lokal. Round/knuckle ini dijual seharga Baht 115 seberat 250 gram atau Baht 460 per kg, Baht 24,8 = AUD $1, dikonversi menjadi AUD $18.55 per kg.

Lainnya.

Cukup tentang daging sapi. Bagaimana dengan demonstrasi tentang pengkondisian dan manajemen ternak. Rekan-rekan saya di Skotlandia menjalankan bisnis menembak burung pegar di peternakan sapi/domba/energi terbarukan milik mereka di dekat perbatasan Inggris. Foto-foto di bawah ini menunjukkan penjaga memberi makan burung-burung muda yang sedang tumbuh untuk musim perburuan pada waktu Natal. Ia memberi mereka makan setiap hari dengan meniup peluit, dan burung-burung datang untuk makan. Ketika burung-burung muda ditempatkan di semak-semak di perbukitan pada awalnya, mereka dikurung di kandang yang aman untuk melindungi mereka dari rubah dan pemangsa lainnya. Saat masa pertumbuhan, mereka dikeluarkan dari kandang dan diberi tanaman lobak untuk dimakan dan sebagai tempat persembunyian. Semua daging dari burung yang ditembak, dikonsumsi dan saya dapat memastikan bahwa itu dapat dimasak dengan berbagai cara dan benar-benar lezat.

Awalnya burung-burung itu dikurung di kompleks besar yang aman di daerah berhutan untuk melindungi mereka dari pemangsa.

Setiap kali penjaga memberi makan burung-burung, ia meniup peluit dan burung-burung memahami bahwa peluit itu berarti waktu makan malam dan mereka berlari mencari makan. Drum biru adalah stasiun makanan yang terus-menerus diisi ulang untuk mendorong pertumbuhan yang optimal. Tanaman berdaun di kedua sisi jalan adalah tanaman keras yang memberikan perlindungan yang sangat baik dari pemangsa.

 Video

September prices

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

 

Location Date Wet Market

AUD$/kg

Supermarket

$/kg

B = buffalo$

Broiler chicken

$/kg

Live Steer

Slaughter Wt

AUD$/kg

Indonesia April 22 16.03 15.00 B12.17 4.25 5.38
Rp10,600 May 22 15.57 19.72 B12.17 3.77 5.19
Rp10,300 June 22 15.53 19.15 B12.52 3.88 5.24
Rp10,300 July 22 15.53 16.94 B12.52 4.08 5.15
Rp10.300 August 22 16.02 20.68 B10.70 3.88 5.15
Rp10,000 Sept 22 16.50 17.45 B10.99 4.00 5.20
Philippines April 22 14.21 15.00 4.47 3.37
P37.3 May 22 14.48 15.28 NA 3.43
P37.5 June 22 14.40 15.20 4.93 3.41
P38.75 July 22 13.94 14.71 NA 3.30
P39.0 August 22 13.85 14.62 4.92 3.28
P38.4 Sept 22 14.06 14.84 NA 3.33
Thailand April 22 11.67 NA 3.42 4.02
THB 24.3 May 22 NA NA NA 4.12
THB 24.5 June 22 12.24 NA 4.16 4.08
THB 24.8 July 22 NA NA NA 4.03
THB 25.0 August 22 12.00 NA 3.76 4.00
THB 24.8 September 22 10.88 NA 3.47 4.03
Vietnam April 22 18.34 18.58 6.92 4.97
D16,800 May 22 18.45 18.69 5.54 5.00
D16,400 June 22 18.90 19.15 7.13 5.30
D16,000 July 22 19.38 19.63 8.06 5.43
D16,400 August 22 17.39 19.39 7.32 5.30
D15,700 Sept 22 18.15 20.00 7.00 5.48
China Beijing April 22 20.17 20.59 4.79 7.48
Y4.70 May 22 19.57 20.85 4.00 7.40
Y4.70 June 22 18.72 19.57 4.26 7.15
Y4.62 July 22 19.48 21.65 3.90 7.14
Y4.73 August 22 19.45 22.40 4.14 7.10
Y4.70 Sept 22 20.43 23.4 4.21 7.62
Shanghai April 22 21.43 25.63 3.91 7.52
Pork per kg May 22 19.68 23.40 3.96 7.40
Beijing Y38.0 June 22 19.15 23.83 4.09 7.19
ShanghaiY40.0 July 22 19.05 23.38 4.11 7.14
August 22 19.03 23.26 4.06 7.02
Sept 22 20.21 24.68 4.21 7.70
Darwin Feeder Steer April 20

$2.80

May 20

$3.25

June 2020

$3.40

July 2020

$3.50

August 2020

$3.40

Sept 2020

$3.45

October 2020

$3.90

Nov 2020

$4.00

Dec 2020

$4.00

Jan 21

$4.10

Feb 21

$4.30

March 21

$4.30

April 21

$4.20

May 21

$4.10

June 21

$4.10

July 21

$4.05

August 21

$4.25

Sept 21

$4.20

Oct 21

$4.30

November 21

$4.50

December 21

$4.70

January 22

$5.35

February 22

$5.45

March 22

$5.53

April 22

$4.80

May 22

$4.80

June 22

$4.80

July 22

$3.85

August 22

$4.20

September 22

$4.70

HAVE YOUR SAY

Your email address will not be published.

Your comment will not appear until it has been moderated.
Contributions that contravene our Comments Policy will not be published.

Comments

Get Beef Central's news headlines emailed to you -
FREE!