Live Export

Laporan Pasar : Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Dr Ross Ainsworth, 11/05/2022

Ross Ainsworth's SE Asia Report

Edisi ke-101 : April 2022

Poin-poin utama :

  • Penyakit FMD telah dikonfirmasi mencapai daerah dekat Surabaya pada tanggal 28 April 2022.
  • Harga sapi bakalan Northern Australia mengalami penurunan untuk pertama kalinya dalam 2 tahun ini, memberikan kesempatan kepada para importir di Indonesia dan Vietnam untuk kembali mendapatkan keuntungan.

Penyakit FMD telah dikonfirmasi di Pulau Jawa.

Kasus pertama ditemukan pada 12/14 April di Gresik, utara kota Surabaya. Lihat peta di bawah ini. Pengumuman resmi dilakukan pada 28 April (lihat artikel Beef Central) dengan informasi bahwa sekitar 1.300 hewan dipastikan terinfeksi di 22 kecamatan di sekitar Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Kementrian Pertanian menduga munculnya wabah penyakit ini ditularkan melalui domba dan kambing yang diselundupkan melintasi Selat Malaka dari Malaysia ke Sumatera dan kemudian diangkut dengan truk ke Surabaya meskipun hal ini belum dapat dikonfirmasi.

Hal penting dari segi perspektif Australia adalah daerah yang terkonfirmasi berdekatan dengan  Pulau Bali. Lihat peta Jawa Timur di bawah ini dengan titik merah yang menunjukkan area yang sudah terinfeksi di sekitar Surabaya. Bagian bawah paling kanan peta adalah jalur penyeberangan kapal di lepas pantai Pulau Jawa. Jalur ini adalah jalur penyeberangan utama feri menuju ke Bali di mana banyak wisatawan dari Pulau Jawa mengendarai kendaraan mereka untuk berlibur di Pulau Bali. Pada saat yang sama, sejumlah besar wisatawan Australia baru saja memulai kembali liburan di Bali setelah jeda pandemi yang panjang. Hal ini menunjukkan risiko penularan penyakit yang sangat tinggi ke Australia dibandingkan sebelum FMD ditemukan di Pulau Jawa.

Sementara FMD adalah masalah besar bagi Indonesia, Australia adalah salah satu pengekspor daging sapi dan domba terbesar di dunia, akan menjadi kerugian yang sangat besar jika infeksi menyebar ke ternak nasional kita.

Saya akan mengikuti berita ini semaksimal mungkin.

Peta Jawa Timur dengan Surabaya dikelilingi oleh lokasi yang terinfeksi. Ujung barat pulau Bali berada di paling kanan peta (berwarna hijau).

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $5.38/kg bobot hidup (Rp 10,600 = AUD $1)

Harga sapi potong steer melonjak untuk periode puncak akhir bulan Ramadhan 1 Mei dan awal Lebaran pada 2 Mei. Harga dilaporkan dalam kisaran Rp 55.000 hingga Rp 60.000, jadi saya menggunakan Rp 57.000 per kg bobot hidup sebagai tarif indikator saya untuk bulan April. Ini adalah harga tertinggi yang saya catat dalam 8 tahun saya menerbitkan laporan ini. Meskipun harga tinggi, importir melaporkan bahwa angka penjualan turun jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terjadi mengingat kombinasi dari daya beli yang lemah setelah pandemi yang panjang dan diikuti oleh inflasi makanan yang merajalela. Sementara hari raya keagamaan Lebaran hanya satu hari, liburan keluarga untuk merayakan Lebaran biasanya berlangsung sekitar satu minggu. Harga daging sapi segar juga kembali naik selama sebulan dengan harga daging knuckle di Pasar Modern di Jakarta Barat sebesar Rp 170.000 per kg naik dari Rp 160.000 bulan lalu. Harga daging kerbau beku India (IBM) juga sempat naik ke level rekor dengan harga di akhir April sebesar Rp 129.000 per kilo dibanding akhir Maret sebesar Rp 98.500.

Dilaporkan bahwa lembaga resmi antikorupsi pemerintah telah mengunjungi importir untuk menyelidiki harga yang melambung tinggi. Di masa lalu semua importir dihukum karena perilaku kartel dan dihukum dengan denda besar. Kejadian ini dikonfirmasi meskipun banyak bukti yang menunjukkan bahwa tidak ada aktivitas kartel seperti itu yang dapat terjadi karena pasar tidak bekerja seperti itu.

Untuk mendukung kasus mereka, importir dapat dengan mudah menunjukkan harga impor yang sangat tinggi dari produk mereka dan fakta bahwa mereka berjuang untuk mencapai titik impas pada penjualan apalagi menghasilkan keuntungan yang tidak masuk akal. Lihat saja grafik di atas untuk melihat bukti yang tersedia untuk umum tentang bagaimana harga sapi bakalan Australia secara konsisten naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Di sisi lain, ada beberapa pertanyaan yang muncul terkait harga daging kerbau beku India (IBM). Saya diberitahu oleh sumber yang dapat dipercaya bahwa harga CIF untuk daging kerbau beku India (IBM) pada bulan Februari berada di kisaran USD $3,25 per kg di pelabuhan Jakarta. Menggunakan nilai tukar Rp 14.400 untuk USD $1, berarti Rp 46.800 per kg. Dengan asumsi biaya impor untuk bea masuk, pajak, pembiayaan, pendinginan, dan logistik katakanlah 30%, biaya untuk produk sekitar Rp 61.000 yang dikirim ke cold storage di sekitar Jakarta. Bandingkan angka ini dengan harga saat ini di supermarket Jakarta sebesar Rp 129.000 yang menunjukkan total markup oleh pedagang dan pengecer lebih dari 100%. Saya berpikir bahwa perbedaan harga ini akan jauh lebih menarik bagi pengawas antikorupsi daripada banyak feeder yang merugi atas penjualan sapi potong mereka.

Penawaran lain yang tidak menggugah selera dari daging kerbau beku India yang dijual seharga Rp 129.000 per kg di supermarket Transmart Carrefour di BSD City, Tangerang, Jakarta.

Banyak aktivitas di minggu terakhir Ramadhan di Pasar Modern Tangerang.

Lumpy Skin Disease (LSD) telah menyebar di sebagian besar wilayah sekitar Sumatera selama bulan April. Lihat peta di bawah yang disajikan oleh Kementrian Pertanian Indonesia sekitar pertengahan April yang menunjukkan penyebaran penyakit yang mengkhawatirkan dari lokasi awal yang terinfeksi di Riau ke 4 provinsi sekitarnya termasuk Aceh di ujung utara pulau Sumatera. Jarak dari Riau ke puncak Aceh sekitar 900 km. Mungkin virus menginfeksi wilayah utara Sumatera ini dengan bepergian dengan serangga melintasi Selat Malaka daripada bergerak melintasi daratan dari Riau. Pada tingkat ini, tidak perlu waktu lama sebelum LSD mencapai populasi besar sapi impor Australia di feedlot Lampung di bagian paling selatan Sumatera. Menarik untuk dicatat bahwa pada minggu pertama bulan Mei tidak ada laporan infeksi pada sejumlah kecil sapi Australia di feedlot di sekitar Medan, Sumatera Utara. Menurut peta di bawah feedlot ini secara harfiah dikelilingi oleh lokasi dengan kasus LSD yang terkonfirmasi.

Semoga kita dapat mengetahui lebih banyak tentang penyebaran virus pada sapi Australia ketika infeksi mencapai Lampung di mana konsentrasi terbesar dari feeder Australia berada. Jika kecepatan penyebaran ke arah utara adalah petunjuk, maka virus dapat dengan mudah ditemukan di Lampung selama Mei.

Ini adalah foto presentasi dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementraian Pertanian.

Sampai minggu pertama bulan Mei, persediaan vaksin LSD masih terbatas dan belum tersedia untuk feedlot yang memelihara sapi Australia.

Pemerintah Indonesia baru-baru ini melarang ekspor produk minyak sawit sebagai tanggapan atas kenaikan harga yang cepat dan berkurangnya pasokan. Indonesia adalah produsen dan pengekspor produk minyak sawit terbesar di dunia. Pemerintah memiliki 20% Kewajiban Pasar Domestik (DMO) yang tampaknya telah diabaikan oleh beberapa pedagang minyak sawit yang lebih suka mengambil keuntungan dari harga minyak nabati internasional yang sangat tinggi setelah perang di Ukraina. Diharapkan larangan tersebut akan dicabut setelah pasokan domestik dipulihkan dan para pedagang menunjukkan bahwa mereka mematuhi persyaratan DMO.

 

Grafik yang menunjukkan kenaikan harga pangan dunia dari The Economist.

Harga sapi bakalan Steer Darwin harga akhirnya turun setelah naik stabil selama 2 tahun terakhir. Sebagaimana dicatat dalam laporan bulan lalu, hujan tidak turun di banyak bagian Australia utara pada Paskah (pertengahan April) sehingga produsen di seluruh bagian utara telah memulai percepatan penjualan sapi bakalan mereka untuk mengurangi jumlah ternak dan menghemat pakan yang tersisa untuk ternak sapi bakalan mereka. Kutipan yang saya miliki untuk sapi bakalan Darwin di akhir April adalah AUD $4,80, turun 70 sen per kg dari angka bulan lalu AUD $5,50. Hal ini akan menjadi kelegaan bagi importir yang perlu menambah stok mereka setelah penjualan di bulan Ramadhan dan Lebaran. Selama bulan April, 8 pengiriman sapi yang keluar dari Darwin menuju Indonesia dengan pengiriman sebanyak 21.172 ekor sapi bakalan. Menurut saya jumlah pengiriman yang sama direncanakan untuk bulan Mei harga tetap pada level saat ini atau bergerak lebih rendah, maka jumlah pengiriman ini dapat dengan mudah meningkat.

Kondisi kekeringan di AS terus memburuk yang berdampak mengurangi pasokan biji-bijian global pada saat produksi di Rusia dan Ukraina tidak lagi tersedia. Produksi sapi juga akan terpengaruh.

 

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $4.97 / kg (VND16,900 = AUD $1)

Tidak ada perubahan harga sapi potong lagi bulan ini dengan tingkat indikator masih di D84.000 per kg bobot hidup untuk steer dan D86.000 untuk sapi jantan. Pelonggaran harga untuk sapi Australia utara menjelang akhir April sudah cukup untuk memungkinkan sejumlah pengiriman berlayar ke Vietnam termasuk satu dari Darwin dan saya percaya 3 dari Townsville. Peningkatan perdagangan ini dimungkinkan oleh turunnya harga sapi potong di Darwin dan Townsville dan dengan memastikan sebagian besar hewan dalam pengiriman adalah sapi jantan. Tarif Townsville telah turun menjadi sekitar AUD $4,00 per kg bobot hidup yang tampaknya cukup bagi importir untuk setidaknya impas atau bahkan mendapat untung kecil.

Reporter saya di Thailand memberi tahu saya bahwa perbatasan Myanmar dibuka lagi untuk ekspor sapi gemuk yang tidak diperlukan di Thailand sehingga sebagian besar hewan ini langsung ke Vietnam. Dengan perbatasan China yang masih ditutup, sapi gemuk juga diekspor dari Laos dan Kamboja ke Vietnam untuk mengisi kekosongan yang tersisa setelah pengurangan angka yang dramatis untuk impor sapi Australia.

Saya telah diberi tahu oleh sejumlah sumber bahwa salah satu lot feeder besar sedang bersiap untuk mengimpor dua pengiriman berturut-turut dari Brasil. Sapi Brasil relatif murah saat ini dan kapal yang lebih besar tidak terlalu sibuk sehingga jika protokol dapat disepakati yang tidak memerlukan masa karantina yang diperpanjang setelah kedatangan maka ini mungkin menjadi usaha yang menguntungkan. Margin yang ketat akan membutuhkan penggunaan kapal terbesar yang tersedia sehingga kemungkinan setiap kiriman akan berjumlah 14.000 ekor.

Total kapasitas feedlot Vietnam adalah sekitar 100.000 ekor dengan stok saat ini di bulan April turun menjadi sekitar 20%.

 

China :  Sapi Potong AUD $7.50 / kg bobot hidup (RMB 4.76 = AUD $1)

Harga sapi potong sedikit naik di Beijing dan Shanghai bulan ini dengan rata-rata harga sapi potong di Y35,4 per kg bobot hidup. Harga daging sapi umumnya stabil, sementara harga daging babi naik sekitar 22% di kedua lokasi.

Reporter saya di Shanghai saat ini berada dalam lockdown Covid yang ketat sehingga harga bulan ini telah diinformasikan oleh seorang teman di kota terdekat yang tidak terlalu dibatasi.

Kawanan sapi nasional China diperkirakan masih sekitar 100 juta ekor termasuk 14 juta ekor sapi perah. Impor untuk tahun 2022 diperkirakan 375.000 ekor yang bersumber dari Selandia Baru, Chili, Uruguay, Laos, dan Australia dengan mayoritas sapi perah dan sekitar 25% sapi bakalan.

 

Filipina  :  Sapi Potong AUD $3.37 / kg (Peso 38.0 = AUD $1)

Tidak ada perubahan harga sapi potong dalam bulan ini dengan tingkat indikator di Peso 128 per kg bobot hidup. Reporter saya menyatakan bahwa meskipun ada dampak dari kenaikan harga bahan bakar global di Filipina, sektor ekonomi tampaknya dapat dikelola dengan cukup baik dengan harga makanan dan kebutuhan pokok yang relatif stabil. Harga daging sapi, ayam dan babi tidak berubah dari bulan lalu, harga bensin tetap stabil di sekitar P62 hingga P64 per liter. Pemilihan presiden akan berlangsung pada 7 Mei.

 

Thailand  :  Sapi Potong Steers AUD $4.02 / kg (Baht 24.85 = AUD $1)

Harga sapi potong dan sapi bakalan masih rendah dengan rata-rata masih bertahan di THB100 per kg bobot hidup. Reporter saya melaporkan bahwa pasar sangat sepi karena inflasi makanan, termasuk daging sapi yang mengurangi permintaan ritel mereka. Saat ini juga merupakan “musim sepi” untuk konsumsi daging sapi Thailand. Perlintasan perbatasan dengan Myanmar dibuka kembali dengan mayoritas sapi langsung melewati Thailand untuk dijual di Vietnam.

LSD sekarang telah berada di Thailand selama kurang lebih 1 tahun. Laporan umum setelah vaksinasi, penyakit ini sebagian besar mampu dikendalikan dengan sedikit masalah yang sedang berlangsung kecuali di daerah-daerah di mana vaksinasi masih terlewatkan.

 

Pasar Badung adalah Pasar Tradisional terbesar di Denpasar, Bali

Saya mengunjungi pasar ini bersama David Heath dan keluarganya pada hari Minggu pagi di pertengahan April. Pasar ini adalah konstruksi baru di lokasi yang sama dengan yang asli yang terbakar sekitar 5 tahun yang lalu. Ada sejumlah besar kios daging sapi yang membentang sekitar 150 meter. Semua daging sapi berasal dari sapi Bali yang dipotong secara lokal. Tidak ada daging kerbau India yang dijual di sini dan saya rasa tidak ada yang dijual di mana pun di Bali. Harga knuckle Rp105.000, Fillet Rp130.000, dan iga Rp70.000 per kg. Daging sapi Bali memiliki warna yang bagus dan disajikan dengan sangat baik sebagai daging segar.

April prices

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Location Date Wet Market

AUD$/kg

Super market

$/kg

Broiler chicken

$/kg

Live Steer

Slaughter Wt

AUD$/kg

Indonesia Nov 21 14.42 15.19 3.85 4.80
Rp10,200 Dec 21 14.71 15.49 B13.04 4.21 4.80
Rp10,200 Jan 22 14.71 14.71 3.92 5.09
Rp10,400 Feb 22 14.42 14.33 3.65 5.05
Rp10,500 March 22 15.24 16.62 B9.38 3.62 5.05
Rp10,600 April 22 16.03 15.00 B12.17 4.25 5.38
Philippines Nov 21 14.36 15.18 3.52 3.66
P36.2 Dec 21 14.64 15.47 3.59 3.73
P36.5 Jan 22 14.52 15.34 4.66 3.50
P37.6 Feb 22 14.10 14.89 4.52 3.40
P38.3 March 22 14.10 14.88 4.31 3.34
P38.0 April 22 14.21 15.00 4.47 3.37
Thailand Nov 21 NA NA NA 4.51
THB 24.0 Dec 21 NA NA 2.88 4.58
THB 23.2 Jan 22 11.59 NA 3.43 4.72
THB 23.7 Feb 22 11.39 NA 3.59 4.64
THB 24.5 March 22 11.02 NA 3.67 4.08
THB 24.85 April 22 11.67 NA 3.42 4.02
Vietnam Nov 21 NA 16.75 NA 4.94
D16,300 Dec 21 NA 16.75 4.91 5.03
D16,200 Jan 22 19.14 19.38 4.01 5.12
D16,500 Feb 22 18.79 16.18 7.09 5.09
D16,800 March 22 18.45 18.69 6.96 5.00
D16,900 April 22 18.34 18.58 6.92 4.97
China Beijing Nov 21 18.88 21.46 4.25 7.51
Y4.46 Dec 21 20.63 23.00 4.22 7.94
Y4.54 Jan 22 21.15 21.72 4.23 7.75
Y4.60 Feb 22 20.89 21.43 4.17 7.65
Y4.68 March 22 20.51 20.94 4.44 7.56
Y4.76 April 22 20.17 20.59 4.79 7.48
Shanghai Nov 21 20.60 25.32 4.29 7.55
Pork per kg Dec 21 22.11 27.35 4.04 8.03
Beijing Y26.8 Jan 22 21.71 26.43 4.01 7.84
ShanghaiY28.8 Feb 22 21.43 26.09 4.02 7.74
March 22 21.06 25.64 3.97 7.56
April 22 21.43 25.63 3.91 7.52
Darwin Feeder Steer Nov 19

$3.35

Dec 19

$3.25

January 2020

$3.25

Feb 2020 $3.80 March 2020

$3.40

April 20

$2.80

May 20

$3.25

June 2020

$3.40

July 2020

$3.50

August 2020

$3.40

Sept 2020

$3.45

October 2020

$3.90

Nov 2020

$4.00

Dec 2020

$4.00

Jan 21

$4.10

Feb 21

$4.30

March 21

$4.30

April 21

$4.20

May 21

$4.10

June 21

$4.10

July 21

$4.05

August 21

$4.25

Sept 21

$4.20

Oct 21

$4.30

November 21

$4.50

December 21

$4.70

January 22

$5.35

February 22

$5.45

March 22

$5.53

April 22

$4.80

HAVE YOUR SAY

Your email address will not be published.

Your comment will not appear until it has been moderated.
Contributions that contravene our Comments Policy will not be published.

Comments

Get Beef Central's news headlines emailed to you -
FREE!