Live Export

Laporan Pasar : Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Dr Ross Ainsworth, 08/07/2022

Ross Ainsworth's SE Asia Report

Edisi ke 103 : Juni 2022

Poin-poin Utama

  • Penyakit Kaki & Mulut menyebar dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.
  • Vaksinasi PMK pertama dimulai di Pulau Jawa pada tanggal 25 Juni 2022.

 

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $5.24/kg bobot hidup (Rp 10.300 = AUD $1)

Kekisruhan berlanjut dengan volatilitas pasar ternak hidup bulan ini lebih besar daripada bulan lalu. Laporan harga sapi hidup berkisar dari Rp15.000 per kg untuk hewan yang potong karena darurat hingga Rp59.000 untuk sapi gemuk bebas penyakit yang dijamin dengan kualitas terbaik. Saya memutuskan untuk menggunakan harga Rp54.000 per kg bobot hidup sebagai harga “rata-rata” terbaik untuk indikator di bulan Juni. Harga eceran umumnya tidak berubah dari bulan lalu. Daging IBM tetap di harga Rp129.000 per kg di Transmart.

Topside di Transmart dijual seharga Rp160.500 atau AUD $15.58 per kg.

Saya terus memublikasikan foto daging kerbau di supermarket Jakarta karena disajikan dengan sangat tidak menarik sehingga saya heran bahwa ada orang yang mempertimbangkan untuk menawarkan produk yang tidak menarik untuk dijual. Dan untuk harga AUD $12.50 per kg!!

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus menyebar dengan sangat cepat di seluruh gugusan pulau Indonesia dengan infeksi terkonfirmasi di sebagian besar wilayah kecuali pulau-pulau bagian timur. Infeksi di Bali secara resmi diumumkan pada hari Sabtu tanggal 2 Juli yang menunjukkan bahwa penyakit PMK telah hadir setidaknya 2 minggu sebelum pengumuman resmi.

PMK di Bali akan berdampak pada beberapa wisatawan yang pasti akan terinfeksi dari sapi yang mengeluarkan virus. Penganut Hindu Bali memiliki ternak babi dalam jumlah besar yang merupakan penyebar virus PMK paling kuat. Bali diperkirakan memiliki 600.000 ekor sapi dan 700.000 ekor babi. Setelah vaksin tersedia, akan menjadi usaha besar untuk membuat para ternak terlindungi. Perlindungan vaksin penuh membutuhkan 2 dosis awal berselang 3 minggu, kemudian booster dalam 6 bulan kemudian.

Sapi-sapi ini berada di lahan kosong sekitar 300 meter dari rumah saya di salah satu kawasan wisata utama di Seminyak. Bangunan di latar belakang adalah vila wisata.Wisatawan yang datang dan pergi dari vila ini memiliki banyak peluang untuk bersentuhan dengan air liur yang terinfeksi atau kotoran lainnya. Sapi-sapi ditambatkan, tetapi anak sapi dapat berkeliaran di jalan setapak di samping dinding vila. Risiko penularan ke Australia akan tetap sangat tinggi, sampai hewan-hewan ini dan kawanan sapi dan babi Bali lainnya divaksinasi sepenuhnya.

Satu-satunya kabar baik dalam situasi PMK ini adalah vaksin impor pertama untuk PMK didistribusikan oleh pemerintah pada tanggal 23 Juni 2022 dengan vaksinasi pertama dimulai pada tanggal 25 Juni 2022. Ini adalah 74 hari setelah pengumuman resmi infeksi pada bulan April. Sayangnya, hanya 800.000 dosis yang telah didistribusikan pada saat penulisan yang sama sekali tidak memadai untuk menangani epidemi yang meluas ini. Pemerintah telah mengumumkan alokasi anggaran yang cukup besar untuk memerangi wabah yang mencapai AUD $55.000.000. Dengan dukungan tambahan dari negara lain termasuk Australia, ini seharusnya menjadi awal yang sangat baik.

Ini adalah tema utama yang muncul dari komunikasi saya baru-baru ini:-

  • Dengan sedikit atau tanpa kompensasi, petani enggan memberi tahu pihak berwenang tentang hewan ternak yang terinfeksi dan lebih memilih untuk menjualnya untuk menyelamatkan nilai jual yang mereka dapat. Ini hanya akan mempercepat penularan virus.
  • Breed Brahman (Bos indicus) lebih tahan terhadap penyakit daripada Bos taurus.
  • Sapi bobot berat lebih menderita daripada sapi berbobot ringan karena berat badan mereka tampaknya mendorong pelepasan kuku mereka yang menyulitkan mereka untuk berdiri. Berat cut-off kritis adalah 400-450 kg. Setiap hewan yang terinfeksi dalam kisaran ini hampir pasti dilakukan penyembelihan darurat.
  • Faktor-faktor di atas berarti bahwa sapi perah paling terpukul karena mereka adalah Bos taurus dan biasanya lebih dari 450 kg. Produksi susu nasional turun sekitar 30% dan terus mengalami penurunan.

PMK pada sapi perah. Perhatikan bahwa 2 sapi yang berdiri mengeluarkan air liur sementara yang tidur hampir pasti memiliki luka pada kaki yang parah yang menyulitkan mereka berdiri dan merasa sangat tidak nyaman. Laktasi mereka telah berhenti dan mereka akan mengalami penurunan berat badan secara drastis yang membuat proposisi susu mereka tidak layak. Penyembelihan darurat adalah satu-satunya pilihan komersial.

Hari Raya Qurban umat Muslim yang sangat penting terjadi pada saat yang paling buruk. Selama Hari Raya Qurban ini, hewan dibeli kemudian disembelih di bawah pengawasan tokoh agama dan dagingnya akan dibagikan kepada orang-orang miskin. Orang-orang yang cukup kaya, menyumbangkan hewan mahal ini terutama di kota-kota besar, yang berarti terjadi banyak perpindahan ternak dari pedesaan ke kota untuk proses penyembelihan. Mengingat banyaknya ternak yang berpindah untuk tujuan ini, hasil yang tidak diinginkan adalah peningkatan risiko penularan virus.

Salah satu pertanyaan kunci yang harus dijawab untuk epidemi ini adalah bagaimana virus masuk ke negara itu? Dengan teknologi identifikasi dan pelacakan virus saat ini yang dikembangkan selama Covid, proses yang relatif sederhana dan cepat untuk menentukan dengan tepat dari mana virus yang menginfeksi Indonesia berasal. Yang membingungkan adalah tidak ada yang mengatakan apa-apa, dan saya yakin itu bukan karena mereka tidak tahu. Dua teori populer adalah bahwa ia datang dengan Daging Kerbau India (IBM) beku dari impor baru-baru ini atau bahwa ia datang ke selat Malaka dengan ternak selundupan. Penting untuk mengetahui jawabannya agar dapat merencanakan strategi perlindungan ke depan.

Berdasarkan penjelasan ini, ada pelobi produksi ternak di Jakarta yang menyarankan kepada pemerintah bahwa pihak berwenang harus membeli daging dari ternak yang disembelih secara darurat, terutama sapi perah dengan jumlah yang sangat besar yang telah disembelih dan menggunakan daging ini untuk memasok masyarakat daripada mengimpor lebih banyak IBM.

Penyakit Kulit Lumpy (LSD).

Penyakit yang sangat tak kalah penting ini terus memiliki profil yang sangat rendah dengan sangat sedikit informasi yang tersedia mengenai dampak, penyebaran dan kemajuan, jika ada, dari program vaksinasi. Satu-satunya informasi yang saya miliki adalah bahwa sementara ini diawali di Sumatera bagian tengah dan dengan cepat menyebar ke utara dan barat, tampaknya tidak menular ke Lampung, di ujung selatan pulau di mana sejumlah besar sapi impor Australia disimpan di feedlot. Saya juga tidak mengetahui adanya kasus yang dikonfirmasi di Pulau Jawa.

 

Sapi Feeders Darwin harga tetap di AUD $4,80 sepanjang Mei dan Juni. Agen saya melaporkan bahwa pesanan baru untuk sapi feeder Indonesia melambat tepat pada akhir Juni, membuat pasar sangat sepi untuk awal bulan Juli. Faktor utama lainnya yang mempengaruhi harga adalah curah hujan di luar musim baru-baru ini di Australia utara selama bulan Juni. Di negara sabana subtropis, hujan musim dingin adalah bencana karena menghancurkan banyak nilai yang tersisa untuk pakan kering. Akibatnya, produsen sekali lagi akan berencana untuk mengurangi jumlah ternak mereka sebanyak mungkin untuk memastikan bahwa keseimbangan ternak mereka memiliki cukup pakan untuk bertahan hingga akhir tahun. Kombinasi dari berkurangnya permintaan Indonesia dan kekurangan pakan yang tiba-tiba, kemungkinan akan memberikan tekanan yang cukup besar pada harga sapi bakalan dan sapi yang lebih berat di seluruh wilayah utara.

Seperti biasa, statistik ekspor hidup sulit didapat dengan data terbaik, yang tersedia hanya yang menunjukkan bahwa sekitar 17.000 ekor ternak meninggalkan Darwin dan 11.500 ekor ternak meninggalkan Broome selama bulan Juni.

Kita tahu bahwa tidak semua dikirim ke Indonesia dengan setidaknya dua pengiriman ke Vietnam dan tujuan lainnya. Meskipun ini menunjukkan pengurangan jumlah biasanya pada tahun ini, saya merasa heran bahwa importir akan membawa sapi feeder ke Indonesia dengan epidemi yang mengamuk dan tidak ada vaksin di lemari es yang menunggu untuk melindungi mereka pada saat kedatangan. Pengiriman bulan Juli tidak dapat diduga oleh siapa pun karena penawaran dan permintaan di Indonesia sama sekali tidak dapat diprediksi dengan begitu banyak ternak yang dipotong secara darurat yang masuk ke pasar. Pada saat yang sama banyak konsumen yang ragu-ragu untuk membeli daging sapi karena mereka tidak mengerti bahwa PMK tidak menimbulkan risiko bagi konsumen manusia. Mengingat sejumlah besar sapi lokal berat yang disembelih secara darurat, saya lebih yakin dari sebelumnya bahwa permintaan akan sapi bakalan akan meningkat menjelang akhir tahun karena produksi dari ternak domestik turun.

 

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $5.30 / kg (VND16,400 = AUD $1)

Kenaikan harga sapi potong yang cukup signifikan selama bulan Juni dengan tingkat kenaikan sebesar Dong 3.000 per kg atau 3,6% dari Dong 84.000 bulan lalu menjadi Dong 87.000 pada bulan Juni. Reporter saya memberi tahu bahwa hal ini didorong oleh kenaikan inflasi secara umum di seluruh perekonomian Vietnam. Tingkat inflasi tahunan di Vietnam meningkat ke level tertinggi hampir 2 tahun terakhir di 3,37% pada Juni 2022 dari 2,86% pada Mei terutama karena kenaikan harga makanan dan transportasi.

Hujan di luar musim di Australia utara kemungkinan akan membawa lebih banyak ternak ke pasar daripada yang direncanakan produsen sebelumnya. Ini mungkin mengurangi harga sapi potong dan sapi jantan yang sesuai ke tingkat yang sekali lagi menarik bagi importir Vietnam.

 

China :  Sapi Potong AUD $7.17 / kg bobot hidup (RMB 4.70 = AUD $1)

Harga sapi potong turun dari Y34.8 di bulan Mei menjadi Y33.7 di bulan Juni.

Harga di pasar tradisional dan supermarket sedikit menurun selama bulan Juni sementara harga ayam dan babi naik. Perbedaan harga daging yang berbeda ini mungkin merupakan cerminan dari tekanan pada dompet konsumen dari kombinasi lockdown Covid yang meluas dikombinasikan dengan kenaikan inflasi meskipun dari tingkat yang rendah.

Filipina  :  Sapi Potong AUD $3.41 / kg (Peso 37.5 = AUD $1)

Tidak ada perubahan lagi dalam harga sapi potong selama 6 bulan berturut-turut dengan indikator tarif tetap pada Peso 128 per kg bobot hidup. Namun harga bensin terus naik dengan harga di bulan Juni menjadi Peso 90 per liter dari Peso 72 di bulan Mei.

Inflasi resmi untuk bulan Juni adalah 6,1% tetapi meskipun demikian, reporter saya menyatakan bahwa harga pangan belum mengalami kenaikan yang signifikan meskipun prediksinya adalah bahwa harga akan melonjak bulan depan sebagai dampak dari filter kenaikan bahan bakar di seluruh rantai pasokan.

 

Thailand  :  Sapi Potong Steers AUD $4.08 / kg (Baht 24.5 = AUD $1)

Harga sapi potong Steers berbeda tajam tergantung pada tujuan. Sapi potong untuk pasar domestik dijual selama bulan Juni seharga 94-98 Baht per kg sedangkan sapi berat yang cocok untuk ekspor ke Vietnam mencapai 106-107 Baht per kg bobot hidup. Sapi Feeders hanya dapat menarik 100-102 Baht per kg bobot hidup karena permintaan dari tempat penggemukan mulai berkurang. Jika harga sapi bakalan lokal turun di bawah 100 Baht per kg, ini akan menghentikan impor sapi bakalan dari Myanmar karena harga sapi lokal akan lebih murah.

Secara umum, permintaan sapi dan daging sapi di Thailand cenderung lemah dengan Vietnam yang membantu menopang harga ternak yang lebih baik. Thailand menderita dari tingkat inflasi yang meningkat pesat seperti semua orang di seluruh dunia dengan tingkat inflasi 7,66% untuk bulan Juni 2022 yang merupakan tingkat tertinggi yang tercatat dalam 14 tahun terakhir.

 

 

June prices

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

 

Location Date Wet Market

AUD$/kg

Super market

$/kg

Broiler chicken

$/kg

Live Steer

Slaughter Wt

AUD$/kg

Indonesia Jan 22 14.71 14.71 3.92 5.09
Rp10,400 Feb 22 14.42 14.33 3.65 5.05
Rp10,500 March 22 15.24 16.62 B9.38 3.62 5.05
Rp10,600 April 22 16.03 15.00 B12.17 4.25 5.38
Rp10,600 May 22 15.57 19.72 B12.17 3.77 5.19
Rp10,400 June 22 15.53 19.15 B12.52 3.88 5.24
Philippines Jan 22 14.52 15.34 4.66 3.50
P37.6 Feb 22 14.10 14.89 4.52 3.40
P38.3 March 22 14.10 14.88 4.31 3.34
P38.0 April 22 14.21 15.00 4.47 3.37
P37.3 May 22 14.48 15.28 NA 3.43
P37.5 June 22 14.40 15.20 4.93 3.41
Thailand Jan 22 11.59 NA 3.43 4.72
THB 23.7 Feb 22 11.39 NA 3.59 4.64
THB 24.5 March 22 11.02 NA 3.67 4.08
THB 24.85 April 22 11.67 NA 3.42 4.02
THB 24.3 May 22 NA NA NA 4.12
THB 24.5 June 22 12.24 NA 4.16 4.08
Vietnam Jan 22 19.14 19.38 4.01 5.12
D16,500 Feb 22 18.79 16.18 7.09 5.09
D16,800 March 22 18.45 18.69 6.96 5.00
D16,900 April 22 18.34 18.58 6.92 4.97
D16,800 May 22 18.45 18.69 5.54 5.00
D16,400 June 22 18.90 19.15 7.13 5.30
China Beijing Jan 22 21.15 21.72 4.23 7.75
Y4.60 Feb 22 20.89 21.43 4.17 7.65
Y4.68 March 22 20.51 20.94 4.44 7.56
Y4.76 April 22 20.17 20.59 4.79 7.48
Y4.70 May 22 19.57 20.85 4.00 7.40
Y4.70 June 22 18.72 19.57 4.26 7.15
Shanghai Jan 22 21.71 26.43 4.01 7.84
Pork per kg Feb 22 21.43 26.09 4.02 7.74
Beijing Y32.8 March 22 21.06 25.64 3.97 7.56
ShanghaiY32.8 April 22 21.43 25.63 3.91 7.52
May 22 19.68 23.40 3.96 7.40
June 22 19.15 23.83 4.09 7.19
Darwin Feeder Steer April 20

$2.80

May 20

$3.25

June 2020

$3.40

July 2020

$3.50

August 2020

$3.40

Sept 2020

$3.45

October 2020

$3.90

Nov 2020

$4.00

Dec 2020

$4.00

Jan 21

$4.10

Feb 21

$4.30

March 21

$4.30

April 21

$4.20

May 21

$4.10

June 21

$4.10

July 21

$4.05

August 21

$4.25

Sept 21

$4.20

Oct 21

$4.30

November 21

$4.50

December 21

$4.70

January 22

$5.35

February 22

$5.45

March 22

$5.53

April 22

$4.80

May 22

$4.80

June 22

$4.80

HAVE YOUR SAY

Your email address will not be published.

Your comment will not appear until it has been moderated.
Contributions that contravene our Comments Policy will not be published.

Comments

Get Beef Central's news headlines emailed to you -
FREE!