Live Export

Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara – Agustus 2022

Dr Ross Ainsworth, 09/09/2022

Ross Ainsworth's SE Asia Report

Edisi ke-105 : Agustus 2022

 Poin-poin utama :                    

  • Program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku Indonesia akhirnya bergerak cepat.
  • Risiko PMK masuk ke Australia menurun karena kombinasi peningkatan cakupan vaksin dan peningkatan biosekuriti di pintu masuk Australia.

 

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $5.15/kg bobot hidup (Rp 10.300 = AUD $1)

Harga Sapi Potong terus berfluktuasi tajam di seluruh wilayah Indonesia, tetapi sapi Brahman cross ex-feedlot yang sehat masih dijual di pasar Jawa Barat dengan harga yang sama dengan bulan lalu dengan rata-rata sekitar Rp 53.000 per kg bobot hidup. Potongan harga yang besar diberikan untuk sapi yang telah terinfeksi untuk disembelih secara darurat, sementara karkas terbaik dari sapi yang sehat masih dapat menarik premi yang besar.

Berita utama pada akhir Agustus adalah bahwa program vaksinasi PMK nasional akhirnya benar-benar bergerak cepat dengan total resmi 2 juta ekor sapi telah divaksinasi pada 1 September 2022. Berita penting untuk Australia adalah bahwa 189.000 ekor ternak telah divaksinasi di Bali dimana risiko penularan ke Australia adalah yang tertinggi karena jumlah wisatawan Australia yang sangat besar mengunjungi pulau itu. Jika kawanan sapi nasional disebutkan 12 juta ekor ternak dengan 2 juta dosis, berarti 16,6% dari kawanan ternak tersebut telah divaksinasi. 189.000 vaksinasi di Bali dari katakanlah 600.000 ternak, maka menunjukkan bahwa 31,5% ternak telah divaksinasi (hanya 30.000 dosis yang diberikan pada akhir Juli). Dan Bali baru memulai vaksinasi 2 bulan setelah daerah lain. Persentase ini hanyalah panduan yang sangat kasar karena banyak sapi telah diberi dua kali vaksinasi. Lihat foto di bawah ini sapi Bali di pinggir Jalan Petitenget, salah satu jalan wisata paling populer di Seminyak, Bali dengan dua pita merah diikat di tali kepalanya yang menandakan telah dilakukan dua kali vaksinasi PMK.

Dua pita merah di ikat di kepala sapi yang berarti telah dilakukan dua kali vaksinasi PMK.

Kejadian ekstrim di Bali dibandingkan dengan tempat lain, didorong oleh dua faktor tersendiri. Pertama, PMK di Bali menyebabkan beberapa pendapat bahwa pariwisata dari Australia harus diblokir, jadi pemerintah baik secara nasional maupun lokal memutuskan untuk memprioritaskan tindakan pengendalian virus PMK di Bali untuk mencegah terjadinya pemblokiran pariwisaata Australia untuk menjaga pendapatan yang sangat berpotensi yang dimiliki Bali. Pariwisata Bali mewakili bangsa Indonesia, terutama setelah masa pemulihan dari periode bencana nol pariwisata internasional selama puncak pandemi Covid 19. Selain itu, Indonesia menjadi tuan rumah Puncak Pertemuan G20 di Bali pada bulan November tahun ini dan jelas ingin mengklaim bahwa PMK terkendali dengan baik selama acara internasional besar-besaran ini yang juga akan menampilkan Bali sebagai salah satu negara tujuan wisata internasional utama dunia. Yang benar adanya.

Sekitar 100.000 dosis vaksin PMK telah dikirimkan untuk sapi di daerah dalam lingkaran merah yang mewakili kawasan utama wisatawan Australia di Bali. Dan banyak lagi yang akan segera datang.

Impor dan distribusi vaksin PMK dikendalikan sepenuhnya dan hingga saat ini didanai sepenuhnya oleh pemerintah pusat. 3 juta dosis asli yang diimpor pada bulan Juni kini telah didistribusikan secara luas. Satu juta dosis lagi yang disumbangkan oleh Australia telah tiba dan sedang dalam proses distribusi. 456.000 dosis yang dibeli secara pribadi dan diimpor oleh importir sapi hidup juga telah tiba dan telah didistribusikan. Dan diberitakan oleh Bisnis pada akhir Agustus lalu, Departemen Pertanian telah memesan tambahan 14 juta dosis vaksin untuk gelombang kedua program vaksinasi ternak. Persediaan feedlot biasanya berkisar 100.000 ekor sehingga tingkat impor vaksin ini akan memberikan kepercayaan kepada importir bahwa semua sapi feeder Australia yang mereka terima dapat segera dilindungi dengan vaksin pada saat kedatangan. Biosekuriti yang ketat akan tetap menjadi hal penting, tetapi tingkat perlindungan setelah 2 dosis vaksin selama 3 minggu berselang memberikan kepercayaan sangat tinggi dan cukup besar kepada importir untuk meningkatkan tingkat impor, setelah tingkat impor yang sangat rendah dalam beberapa bulan terakhir.

Untuk menambah kabar positif ini, tambahan vaksin Lumpy Skin Disease (LSD) juga telah didatangkan oleh pemerintah maupun oleh asosiasi importir sapi. 102.000 dosis vaksin LSD yang dibeli secara pribadi oleh importir sapi kini telah didistribusikan ke feedlot yang juga akan memberikan perlindungan yang kuat bagi sapi feeder yang diimpor.

Dari perspektif Australia, ini semua adalah berita bagus. Pertama, risiko penularan dari Indonesia telah menurun dengan berkembang pesatnya program vaksinasi di Bali dan di tempat lain dikombinasikan dengan peningkatan yang signifikan terhadap langkah-langkah biosekuriti bagi wisatawan Indonesia yang kembali ke Australia. Kedua, produsen, eksportir, dan importir sapi dapat lebih yakin bahwa sapi impor akan terlindungi dari infeksi virus PMK dan LSD setelah tiba di feedlot Jawa dan Sumatra.

Masalah PMK/LSD lainnya :-

  • Sementara uang Pemerintah Federal tampaknya mengalir untuk mendukung program pasokan vaksin, banyak Pemerintah Daerah tetap kekurangan dana untuk memasok tenaga kerja, logistik, dan barang habis pakai seperti jarum suntik sekali pakai, jarum suntik, dan APD, semuanya penting untuk program pengiriman vaksin yang efektif untuk kedua negara ini. Penyakit yang sangat menular bahkan dengan dana yang memadai, tidak ada cukup vaksinator terlatih yang tersedia untuk melakukan pekerjaan itu sehingga polisi, tentara, dan mahasiswa kedokteran hewan diminta untuk membantu. Palang Merah dan LSM lain juga mendukung tanggapan tersebut. Tampaknya Bali tidak mengalami kendala ini.
  • Kontrol pergerakan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran PMK tampaknya diterapkan secara ketat di beberapa area, tetapi sangat santai dan tidak efektif di area lain.
  • Harga Sapi Potong untuk sapi lokal di Jawa Barat melemah akibat masuknya ternak dari Madura, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Diperkirakan bahwa pergerakan ini disebabkan oleh ternak yang terinfeksi atau dicurigai terinfeksi, dipindahkan secara ilegal ke lokasi yang dapat mencapai harga yang lebih baik. Ternak ini dibeli berdasarkan bobot karkas daripada bobot hidup, untuk memperhitungkan perjalanan yang panjang dan status kesehatan ternak.
  • Secara keseluruhan permintaan konsumen untuk daging sapi segar masih rendah dengan asumsi bahwa masyarakat masih sedikit tidak nyaman makan daging sapi selama wabah penyakit masih menyebar terlepas dari fakta bahwa produk daging tersebut aman untuk dikonsumsi manusia.
  • Kompensasi untuk ternak yang terinfeksi PMK adalah sekitar 50% dari nilainya, oleh karena itu terdapat laporan bahwa beberapa peternak dengan persediaan ternak yang terinfeksi tidak akan memberi tahu pihak berwenang dan menjual ternak yang terinfeksi atau dicurigai terinfeksi agar mendapat keuntungan finansial terbaik.
  • Klaim bahwa tidak ada kasus PMK baru di Bali mencerminkan kebijakan pemerintah daerah untuk menunjukkan wajah terbaik kepada pasar pariwisata global dan tamu G20 sebagai representasi fakta yang sebenarnya. PMK adalah penyakit paling menular kedua yang diketahui sains, jadi penyakit ini tidak akan hilang begitu saja dengan memulai program vaksinasi yang agresif dan berharap yang terbaik.
  • Jumlah total kurang dari 100.000 domba, kambing, dan babi telah divaksinasi.
  • Masih belum ada konfirmasi ilmiah tentang sumber asli wabah PMK.
  • Pemerintah Indonesia telah mempromosikan pengembangan teknologi tag telinga baru dengan kode QR pada tag yang dapat dipindai oleh ponsel pintar apa pun untuk menunjukkan status vaksinasi hewan tersebut. Teknologi inovatif ini juga memiliki banyak kegunaan potensial lainnya. Tag Telinga ini saat ini sedang diuji dalam proses uji coba lapangan sebelum rilis yang lebih luas.

Ini adalah tangkapan layar dari presentasi pemerintah tentang penggunaan tag telinga yang sedang dikembangkan untuk perekaman data PMK. Saya berasumsi sisi kanan adalah apa yang Anda lihat di ponsel pintar ketika Anda mengklik kode QR tag. Nama pemilik, nomor tag, jenis, tanggal, dan jumlah vaksinasi, jenis vaksin, lokasi, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lainnya.

Pemerintah Indonesia telah membuat situs web terbuka yang menyediakan data langsung tentang perkembangan wabah PMK. https://siagapmk.crisis-center.id/

 

Sapi Bakalan Steers Darwin harga telah meningkat tajam terutama menjelang akhir Agustus. Pada pertengahan Agustus, MLA LEPI (tarif sapi bakalan steers Darwin) adalah AUD $3.97. Pada akhir Agustus, harga telah naik menjadi AUD $4.20 per kg bobot hidup. Sekarang dengan banyaknya vaksin yang tersedia untuk melindungi sapi feeder pada saat kedatangan di Indonesia, saya memperkirakan akan terlihat peningkatan permintaan yang cepat dari importir Indonesia, yang akan memberikan tekanan lebih lanjut pada harga sapi feeder Australia. Peningkatan permintaan ini kemungkinan akan berlanjut selama 6 hingga 12 bulan setidaknya karena hewan tambahan akan diperlukan untuk menggantikan kekurangan produksi lokal karena kematian PMK dan penyembelihan darurat pada ternak lokal dengan ukuran besar. Hanya 7 kapal ternak yang meninggalkan Darwin selama Agustus dengan 4 kapal ke Indonesia membawa total 12.235 ekor dan masing-masing 1 ke Vietnam (2.059), Filipina (1.832), Brunei (796), dan Malaysia (1.202).

Harga Townsville pada akhir Agustus untuk sapi jantan besar dan sapi jantan yang cocok untuk Vietnam telah melemah secara signifikan dengan harga sapi jantan pada AUD $3.50 dan sapi besar pada AUD $3.75 yang seharusnya menarik bagi importir Vietnam (AUD $4.30 pada akhir Juli).

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $5.44 / kg (VND16,000 = AUD $1)

Tidak ada perubahan harga lagi pada Sapi Potong lokal bulan ini, dengan tingkat indikator tetap pada Dong 87.000 per kg bobot hidup. Harga daging sapi eceran baik di pasar tradisional maupun di supermarket juga sama dengan harga bulan lalu.

Selama bulan Agustus, Bank Dunia memperkirakan pemulihan ekonomi yang kuat untuk Vietnam didukung oleh manufaktur yang tangguh dan re-bound yang kuat di sektor jasa. Pertumbuhan PDB diperkirakan meningkat dari sekitar 2,6% pada tahun 2021 menjadi 7,5% pada tahun 2022 dengan inflasi diproyeksikan rata-rata rendah 3,8% untuk kalender 2022. Perkiraan yang menguntungkan ini dikombinasikan dengan penurunan tajam penyembelihan sapi jantan dan lembu di Townsville pada akhir bulan Agustus, dapat menyebabkan peningkatan yang kuat dalam pengiriman dari Queensland utara ke semua pelabuhan Vietnam.

 

Pemasaran online dan potongan harga yang agresif, ditargetkan sebagai fitur kuat dari perdagangan eceran dan grosir Vietnam dengan knuckle tampaknya menjadi bagian yang populer. Kata-kata di atas adalah terjemahan google dari situs Goodfood.

Daging sapi hind quarter beef ini diiklankan secara online seharga Dong 250.000 per kg atau AUD $15.24 yang disebutkan berasal dari Australia, Rusia, Argentina, dan Kanada.

 

China :  Sapi Potong AUD $7.06 / kg bobot hidup (RMB 4.73 = AUD $1)

Harga Sapi Potong relatif stabil dengan tarif untuk Agustus hanya naik 0,4 Yuan menjadi Y33,4 per kg bobot hidup. Semua harga daging yang dicatat untuk laporan ini, termasuk daging sapi di pasar tradisional dan supermarket, daging ayam di pasar tradisional, dan daging babi di pasar tradisional, semuanya rata-rat naik selama bulan Agustus. Ini adalah pertama kalinya dalam ingatan saya bahwa semua harga telah naik bersama-sama dalam satu bulan di Beijing dan Shanghai.

China sedang berjuang dengan banyak masalah sulit saat ini termasuk lockdown Covid-19 yang sedang berlangsung, harga properti yang sangat tinggi, masalah perbankan, pembatasan daya, biaya bahan bakar yang tinggi, dan kekeringan ekstrim yang menyebabkan berkurangnya pembangkit listrik tenaga air, kekurangan air, kegagalan panen, dan pengiriman jalur sungai tertunda.

Angka produksi listrik China (TWh/tahun) membuat setiap negara lain termasuk Amerika Serikat terlihat kecil dan mewakili lebih dari seperempat dari semua produksi listrik global.

 

Dari buletin Lyn Alden Agustus.

Tidak hanya pembangkit listrik tenaga air yang membutuhkan banyak air, tetapi juga pembangkit batubara, pembangkit nuklir, dan fasilitas gas semuanya menggunakan air untuk pendinginan dan/atau pembakaran. Pembangkit listrik adalah kasus penggunaan air terbesar kedua secara global, setelah pertanian. Kekeringan yang mempengaruhi China juga memiliki dampak negatif yang sangat besar di Amerika Utara dan Eropa.

 

Filipina :  Sapi Potong AUD $3.28 / kg (Peso 39.0 = AUD $1)

Tidak ada perubahan lagi dalam tarif pemotongan untuk 8 bulan berturut-turut dengan indikator tarif tetap pada Peso 128 per kg bobot hidup. Reporter saya di Filipina memberi tahu bahwa tidak melihat adanya perubahan signifikan sejak Presiden baru menjabat, selain cuaca yang baik, panen yang baik dan tidak ada kerusakan akibat bencana alam, telah membuat konsumen Filipina memiliki uang untuk dibelanjakan sementara harga pangan tetap relatif stabil. Umumnya hari-hari bahagia, dengan pengecualian harga bensin yang tinggi sekitar 72 peso per liter pada akhir Agustus (Mindanao).

Thailand  :  Sapi Potong Steers AUD $4.00 / kg (Baht 25 = AUD $1)

Tarif Sapi Potong di Thailand masih relatif rendah dan statis dengan tarif indikator masih 100 Baht per kg bobot hidup selama Agustus.

Daging sapi di Dubai dan Skotlandia.

Saya melewati Dubai lagi dalam perjalanan kembali dari acara pernikahan di Skotlandia. Kali ini saya mengunjungi pasar tradisional tepi laut yang besar di Deira. Ini adalah pasar tradisional paling mengesankan yang pernah saya lihat dengan bangunan besar yang menampung pasar terpisah untuk daging, unggas, ikan, serta buah dan sayuran. Semua area yang kemungkinan bisa membusuk dilengkapi dengan ruangan ber-AC dengan meja pajangan yang dirancang dengan baik dan lemari pendingin untuk memudahkan pembersihan dan penyajian yang sangat baik dari berbagai macam produk. Pasar ini menawarkan produk daging akhir yang lebih murah dari berbagai sumber, dengan fokus utama pada jeroan.

Ketika terlalu banyak jeroan tidak pernah cukup!! Kepala, tengkorak, otak, testis, kaki, ginjal, hati, lidah, jantung, dan masih banyak lagi. Sebagian besar dijual seharga 15 Dirham Emirat atau AUD $6 per kg.

Daging kerbau beku India 20 Dirham per kg (AUD $8) dan daging sapi Pakistan seharga 25 Dirham (AUD $10) per kg. Kebanyakan kios memiliki bendera kecil yang menunjukkan asal produk mereka. Ini termasuk Australia, Selandia Baru, Pakistan, India, Somalia, Kenya, Ethiopia, Sudan, dan produk lokal dari UEA termasuk daging dan jeroan unta.

Domba ekor gemuk adalah penamaan yang bagus. Benjolan besar lemak bagian ekor juga dijual terpisah.

Pasar ikan di kompleks pasar tepi laut yang sama, jauh lebih besar daripada area daging dengan meja penjualan baja tahan karat yang dirancang dengan baik. Ruang besar ini sepenuhnya ber-AC dan dibersihkan dengan cermat setiap hari. Semua produk disajikan di atas lapisan es yang tebal.

Seperti inilah kekeringan di Skotlandia pada pertengahan Agustus = akhir musim panas.

Daging sapi bermerek Belted Galloway disajikan dengan indah di Kilnford Farm Shop dan Farmhouse Kitchen Cafe Jock Rome di luar Dumfries, Skotlandia.

Harga Galloway Topside ini di GBP 16.95 dikonversi menjadi AUD $28.72 per kg.

Ini adalah saya yang memakai kilt dengan Neil Gourlay, ayah dari pengantin pria di pernikahan putra Harry dan Jess Burns (Sydney, Australia) di Auchencheyne Farm dekat Dumfries, Skotlandia. Saya bertemu Neil ketika dia sedang melatih kuda untuk penjualan kuda tahunan di stasiun Killarney, Northern Territory pada tahun 1981. Dia melanjutkan dengan melakukan bantail muster (mengumpulkan sapi untuk dihitung jumlahnya) untuk Charlie Henderson dan Gus Trippe ketika mereka menjual stasiun Montejinnie ke perusahaan sapi Desa milik pemerintah Sabah pada tahun 1982 sebelum kembali ke rumah untuk mengambil alih lahan pertanian keluarga.

 

 

August prices

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

 

Location Date Wet Market

AUD$/kg

Supermarket

$/kg

Broiler chicken

$/kg

Live Steer

Slaughter Wt

AUD$/kg

Indonesia March 22 15.24 16.62 B9.38 3.62 5.05
Rp10,600 April 22 16.03 15.00 B12.17 4.25 5.38
Rp10,600 May 22 15.57 19.72 B12.17 3.77 5.19
Rp10,300 June 22 15.53 19.15 B12.52 3.88 5.24
Rp10,300 July 22 15.53 16.94 B12.52 4.08 5.15
Rp10.300 August 22 16.02 20.68 B10.70 3.88 5.15
Philippines March 22 14.10 14.88 4.31 3.34
P38.0 April 22 14.21 15.00 4.47 3.37
P37.3 May 22 14.48 15.28 NA 3.43
P37.5 June 22 14.40 15.20 4.93 3.41
P38.75 July 22 13.94 14.71 NA 3.30
P39.0 August 22 13.85 14.62 4.92 3.28
Thailand March 22 11.02 NA 3.67 4.08
THB 24.85 April 22 11.67 NA 3.42 4.02
THB 24.3 May 22 NA NA NA 4.12
THB 24.5 June 22 12.24 NA 4.16 4.08
THB 24.8 July 22 NA NA NA 4.03
THB 25.0 August 22 7.69 NA 3.76 4.00
Vietnam March 22 18.45 18.69 6.96 5.00
D16,900 April 22 18.34 18.58 6.92 4.97
D16,800 May 22 18.45 18.69 5.54 5.00
D16,400 June 22 18.90 19.15 7.13 5.30
D16,000 July 22 19.38 19.63 8.06 5.43
D16,400 August 22 17.39 19.39 7.32 5.30
China Beijing March 22 20.51 20.94 4.44 7.56
Y4.76 April 22 20.17 20.59 4.79 7.48
Y4.70 May 22 19.57 20.85 4.00 7.40
Y4.70 June 22 18.72 19.57 4.26 7.15
Y4.62 July 22 19.48 21.65 3.90 7.14
Y4.73 August 22 19.45 22.40 4.14 7.10
Shanghai March 22 21.06 25.64 3.97 7.56
Pork per kg April 22 21.43 25.63 3.91 7.52
Beijing Y34.6 May 22 19.68 23.40 3.96 7.40
ShanghaiY36.6 June 22 19.15 23.83 4.09 7.19
July 22 19.05 23.38 4.11 7.14
August 22 19.03 23.26 4.06 7.02
Darwin Feeder Steer April 20

$2.80

May 20

$3.25

June 2020

$3.40

July 2020

$3.50

August 2020

$3.40

Sept 2020

$3.45

October 2020

$3.90

Nov 2020

$4.00

Dec 2020

$4.00

Jan 21

$4.10

Feb 21

$4.30

March 21

$4.30

April 21

$4.20

May 21

$4.10

June 21

$4.10

July 21

$4.05

August 21

$4.25

Sept 21

$4.20

Oct 21

$4.30

November 21

$4.50

December 21

$4.70

January 22

$5.35

February 22

$5.45

March 22

$5.53

April 22

$4.80

May 22

$4.80

June 22

$4.80

July 22

$3.85

August

$4.20

 

HAVE YOUR SAY

Your email address will not be published.

Your comment will not appear until it has been moderated.
Contributions that contravene our Comments Policy will not be published.

Comments

Get Beef Central's news headlines emailed to you -
FREE!