Live Export

Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara – Edisi ke-100

Dr Ross Ainsworth, 13/04/2022

Ross Ainsworth's SE Asia Report

Edisi ke-100 : Maret 2022

Poin-poin Utama

 

  • Perang di Ukraina mendorong inflasi pangan dunia jauh lebih tinggi
  • Harga sapi Australia tetap kuat selama bulan Maret tetapi diperkirakan akan turun dalam beberapa bulan mendatang karena musim hujan yang tertunda di Australia utara

 

Komentar Global.

Perekonomian dunia sudah dalam keadaan sangat rapuh dan rentan sebelum pandemi Covid 19 membuat situasi semakin parah. Perang Rusia/Ukraina pada awalnya menyebabkan bencana kemanusiaan dan geo-politik yang besar tetapi dengan cepat berkembang menjadi kekuatan yang kuat yang mendorong destabilisasi lebih lanjut dalam kondisi ekonomi global. Masalah eksternal utama yang disebabkan oleh perang adalah kenaikan pesat harga energi global yang dikombinasikan dengan pengurangan pasokan komoditas utama seperti gandum, jagung, biji/minyak bunga matahari, barli, pupuk, dan bahan kimia tanaman. Pengurangan ekspor gandum dari Ukraina dan Rusia akan berdampak sangat serius pada negara-negara konsumen utama mereka yang terutama berlokasi di Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia. Indonesia merupakan pengimpor gandum dari Ukraina terbesar kedua pada tahun 2020 dengan nilai total $544 Juta. China juga akan terkena dampak karena mereka adalah konsumen dan importir besar dari berbagai macam biji-bijian termasuk gandum, kedelai dan barli. Kenaikan harga bahan bakar dan pupuk untuk tanaman biji-bijian musim ini di luar zona perang berarti produksi biji-bijian akan menurun dan produk yang akhirnya dipanen akan dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi. Rantai pasokan yang sudah sangat terganggu selama pandemi akan semakin memburuk sampai setelah perang selesai. Biji-bijian tidak hanya sumber makanan bagi manusia seperti roti, mie, dan bir, tetapi juga sumber makanan ternak termasuk ayam, babi, dan sapi yang digemukkan. Oleh karena itu, kenaikan harga biji-bijian akan memaksa harga unggas, telur, babi, dan daging sapi naik sementara kenaikan harga bahan bakar akan meningkatkan tambahan biaya pengiriman dan produksi untuk semua bahan makanan di setiap negara. Inflasi pangan yang merajalela dan kekurangan pangan naik dengan cepat dan akan bertahan setidaknya selama 2 tahun ke depan bahkan jika perang dihentikan besok.

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $5.05/kg bobot hidup (Rp10,500 = AUD $1)

Harga sapi potong steers sedikit meningkat bulan ini dengan harga indikator untuk bulan Maret sebesar Rp53.000 per kg bobot hidup. Meskipun sebagian besar penjualan telah dilakukan dengan mendekati harga ini, telah ada laporan tentang harga sebesar Rp57.000 per kg bobot hidup untuk sejumlah kecil ternak dengan kualitas tinggi. Pihak berwenang Indonesia akan lebih serius dalam memantau harga-harga ini dengan sangat cermat karena mereka sangat sensitif terhadap harga di atas tingkat target mereka selama periode Ramadhan/Lebaran yang dimulai pada 2 April.

Pada akhir Maret reporter saya di Jakarta memberitahukan bahwa harga eceran di pasar tradisional untuk knuckle telah mencapai Rp160.000 dari Rp150.000 pada bulan Februari. Daging Kerbau India Beku (IBM) kembali muncul di pasar retail dengan harga Rp98.500 per kg.

Menurut saya, ini adalah daging kerbau beku India terbaik yang pernah saya lihat. Mengingat harga IBM beku sangat rendah di India, pertanyaannya adalah mengapa begitu mahal pada saat dijual di Indonesia?

Semua orang di kios pasar tradisional pasar modern ini senang karena Ramadhan telah dimulai dengan permintaan dan harga yang meningkat. Tekanan karena Covid sepertinya juga berkurang ditunjukkan dengan sikap samtai dalam pemakaian masker.

Friboi adalah merek daging sapi Brasil untuk JBS. Foto ini diambil di pasar tradisional di Bandung, Jawa Barat.

Salah satu kekhawatiran utama selama bulan Maret hingga April bahkan Mei adalah pemilik sapi di wilayah Provinsi Riau, Sumatera yang terkena Penyakit Kulit Lumpy (LSD) akan menghadapi pembatasan pergerakan dan harga yang sangat menurun jika mereka diizinkan untuk menjual semua sisa stok mereka. Situasi ini selalu mengarah pada tingkat penyelundupan dalam jumlah kecil namun signifikan dari daerah yang paling menurun harganya (Riau, Sumatera) ke daerah permintaan dan harga paling tinggi (Jawa Barat). Jika ini terjadi dan hewan yang terinfeksi diangkut secara ilegal ke Jawa pada bulan Maret/April/Mei maka penyebaran penyakit yang ditularkan melalui serangga ini ke seluruh wilayah nusantara akan meningkat dengan pesat. Tidak diragukan lagi otoritas pemerintah akan sangat waspada selama periode Ramadhan dan Lebaran.

Vaksinasi terhadap LSD dimulai di Riau pada atau sekitar 19 Maret.

Saat periode Ramadhan dan Lebaran dimulai, semua lembaga pemerintah melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa jumlah pasokan daging sapi dan makanan utama lainnya tersedia untuk semua masyarakat umum. Inisiatif pemerintah termasuk :

  • Pebisnis swasta didorong untuk mengimpor daging sapi beku secara langsung
  • Bulog telah mempercepat impor IBM dengan pengiriman 20.000 ton ke pelabuhan Indonesia pada akhir Maret
  • Pemerintah sedang mengkaji kemungkinan alternatif untuk impor sapi hidup selain dari Australia termasuk dari Amerika Serikat, Chili dan Meksiko.

ASPIDI (Asosiasi Pengusaha Impor Daging Indonesia) telah mengklaim bahwa jika mereka diizinkan untuk menyelesaikan impor IBM sendiri maka mereka berharap dapat menurunkan harga eceran IBM beku menjadi Rp65.000 per kg.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) meminta harga IBM diturunkan. Saat ini distributor membeli dari Bulog dengan harga Rp81.000 per kg sedangkan distributor kemudian menjual ke pengecer seharga Rp93.000 (ekonomi.bisnis.com 17 Maret)

Seperti disebutkan di awal laporan ini, Indonesia biasanya membeli biji-bijian dalam jumlah besar dari Ukraina. Lihat di bawah, beberapa grafik yang dihasilkan oleh USDA untuk ekspor gandum, barli dan jagung global.

Bahkan jika Ukraina dapat menanam gandumnya bulan ini, kemungkinan panen normal dan kemudian diekspor tanpa gangguan ke seluruh dunia sangatlah tipis. Tidak diragukan untuk tanaman di Rusia akan ditanam tanpa gangguan, tapi apakah itu akan diekspor ke konsumen biasa mereka?

Dari sudut pandang importir sapi Indonesia, hanya ada satu kabar baik saat ini, yaitu musim hujan yang tertunda di Australia Utara.

Peta dari Biro Meteorologi Australia ini menyoroti tingkat curah hujan yang sangat rendah di utara selama bulan Maret.

Hasil dari musim hujan yang tertunda di Australia utara ini adalah tingkat kelembaban tanah berada dibawah rata-rata yang berarti pertumbuhan padang rumput menjadi di bawah rata-rata.

Kecuali jika hujan lebat turun selama bulan April, produsen di utara akan mulai mengurangi ternaknya melalui penjualan dan pemindahan ternak ke daerah dengan cadangan pakan yang memadai. Poin pentingnya adalah, hal ini akan menurunkan harga sapi bakalan. Penjualan untuk mengurangi tekanan penggembalaan di utara dapat dimulai pada pertengahan April dan akan meningkat hingga Mei jika hujan tidak turun.

 

Sapi bakalan steers Darwin harga tetap tinggi untuk di bulan Maret dengan harga AUD $5,53 masih tersedia di pertengahan bulan. Pada akhir Maret, agen memperkirakan penurunan menjadi $5 per kg di awal April dengan penurunan lebih lanjut ke level AUD $4,60 jika hujan lebat belum turun hingga akhir Paskah (15-18 April). Tanggal tradisional untuk pengumpulan ternak di utara dimulai setelah Paskah sehingga cuaca saat ini akan menjadi penentu harga terbaik untuk sisa tahun ini. Sebanyak 14.244 ekor sapi bakalan diekspor dari pelabuhan Darwin ke Indonesia selama bulan Maret. Informasi yang saya dapat tidak ada hewan yang diekspor dari pelabuhan Australia mana pun menuju ke Vietnam.

Dua kapal sapi Livestock Express bersiap-siap melakukan pemuatan sapi bakalan untuk Indonesia di pelabuhan Darwin selama bulan Maret. Kapal kelas G ini menurut saya adalah kapal terbaik di armada ekspor hidup dengan kenyamanan maksimal baik untuk ternak dan awak kapal. Terminal LNG Darwin yang baru ada di bagian belakang.

Dan kabar buruk untuk produksi pangan terus berdatangan. Lihat di bawah ini sejumlah grafik dari Departemen Pertanian AS yang menunjukkan parahnya kekeringan di AS selama Maret 2022. Kondisi kering ini berdampak kuat pada produksi dan panen daging sapi dan kemungkinan akan semakin mengurangi pasokan biji-bijian global nantinya tahun ini.

Daerah kekeringan parah mencakup sebagian besar negara penghasil ternak AS.

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $5.00 / kg (VND16,800 = AUD $1)

Harga sapi potong tetap stabil bulan ini di Dong 84.000 per kg bobot hidup. Tidak ada hewan yang diimpor dari Australia ke Vietnam selama bulan Maret. Total kapasitas feedlot dilaporkan sekitar 100.000 ekor. Menurut saya jumlah ternak yang tersisa di feedlot saat ini adalah sektar 30% atau 30.000. Musim hujan yang tertunda di Australia utara memberikan sedikit harapan bagi para importir Vietnam, tetapi diperlukan melimpahnya stok ternak di pasar guna menurunkan harga di Queensland ke titik di mana impor menjadi menguntungkan lagi. Dengan asumsi bahwa Dong 84.000 tetap merupakan harga jual dan tidak ada penambahan nilai yang memungkinkan, maka sapi perlu didaratkan di Vietnam dengan CIF sebesar AUD $5 untuk mencapai titik seimbang. Dengan biaya pengiriman yang sangat agresif dan asuransi sekitar AUD $1 per kg, ini berarti sapi steers dan sapi besar di Queensland perlu dibeli dengan harga sekitar AUD $4 per kg bobot hidup untuk mencapai CIF $5.

China :  Sapi Potong AUD $7.56 / kg bobot hidup (RMB 4.68 = AUD $1)

Bulan ini sangat luar biasa karena hanya sedikit perubahan. Baik harga sapi potong maupun daging sapi hampir tidak bergerak dalam 3 bulan terakhir. Harga sapi potong dan daging sapi tetap termasuk yang tertinggi di dunia tetapi setidaknya stabil. Satu-satunya variasi yang signifikan adalah penurunan pesat  harga daging babi yang turun dari Y30.6 per kg pada bulan Januari di Beijing dan Shanghai menjadi Y21.8 di Beijing dan Y23.6 di Shanghai pada bulan Maret.  

China memiliki stok biji-bijian dan produk minyak bumi yang sangat besar, tetapi konsumsinya juga sangat besar sehingga sebagai salah satu importir biji-bijian dan energi terbesar di dunia, risiko kekurangan keduanya akan meningkat seiring perang Ukraina yang belum ada tanda-tranda belum akan berakhir dalam waktu dekat.

Filipina  :  Sapi Potong AUD $3.34 / kg (Peso 38.3 = AUD $1)

Harga sapi potong tetap stabil pada kisaran 128 Peso per kg bobot hidup meskipun ada bulan yang penuh gejolak di Filipina sebagai akibat dari kampanye pemilihan Presiden serta kenaikan harga bahan bakar yang tajam yang didorong oleh perang di Ukraina. Setiap aspek kehidupan Filipina dipengaruhi oleh harga bahan bakar. Agen saya melaporkan bahwa harga bensin telah naik ke 64 Peso minggu lalu dengan periode harga baru-baru ini setinggi 77 Peso per liter. Pada bulan September 2021 harga bensin adalah 41 Peso per liter. Potensi kenaikan harga bahan bakar yang berkelanjutan merupakan ancaman yang sangat serius bagi seluruh perekonomian Filipina dengan tingkat inflasi makanan yang tinggi.

Thailand  :  Sapi Potong Steers AUD $4.08 / kg (Baht 24.5 = AUD $1)

Harga sapi potong turun 10% bulan ini kareana kekhawatiran pedagang terhadap segala resiko yang ada di pasar. Inflasi makanan, kenaikan biaya bahan bakar, biji-bijian dan pupuk, perang di Myanmar dan Ukraina, semuanya menambah pengaruh destabilisasi pada gangguan yang ada, dari Covid 19, LSD, dan Demam Babi Afrika. Tambahan kelemahan ekonomi global, kenaikan suku bunga dan tingkat debit yang tinggi dalam sistem perdagangan daging dan itu cukup membuat produsen/pedagang gugup dan berhati-hati.

Pengembangan Kereta Api Laos.

Mike Boddington dari Jungle House di Vientiane melaporkan dalam edisi Maret “Laos Leaves” bahwa pembukaan jalur perbatasan kereta api dari Boten dengan China ke Vientiane secara resmi pada 3 Desember 2021 telah sukses besar. Jalur ini membentang ke utara dari Vientiane melalui perbatasan ke Kunming di mana ia terhubung dengan jaringan rel kecepatan tinggi nasional Tiongkok. Sejumlah besar penumpang telah menggunakan layanan ini sebagai angkutan barang utama berupa produk segar yang dikirim dari Thailand ke Kunming.

Kereta penumpang dapat melaju dengan kecepatan 160 km per jam sedangkan kereta barang memiliki kecepatan tertinggi 120 km/jam. Kereta api Boten-Vientiane adalah bagian integral dari jalur pusat kereta api Kunming-Singapura dan dibangun sebagai bagian dari Belt and Road Iniciative.

Kereta penumpang di stasiun Vang Vieng di utara Vientiane, Laos.

Jalur baru dari Boten di utara ke ibukota Vientiane sepanjang 422km untuk standard jalur listrik.

Proyek kereta api baru berikutnya akan memulai konstruksi dari Vientiane ke pelabuhan Vung Ang di pantai Vietnam. Pemerintah Vietnam telah setuju untuk mengizinkan akses Laos ke pelabuhan laut dalam di Vung Ang yang menyediakan satu-satunya akses ke negara yang tertutup daratan di Asia Tenggara dengan akses pengiriman di Laut Cina Selatan. Jalur kereta api ini juga akan terhubung ke jalur kereta api utara-selatan Vietnam yang membuka prospek layanan Hanoi-Vientiane. Total panjang jalur ini adalah 555km, 452 di Laos dan 103 di Vietnam.

Sapi hidup yang diturunkan di pelabuhan Vung Ang berpotensi digiring melalui Vietnam kemudian Laos dan terus ke Cina selatan. Fasilitas karantina ternak besar telah dibangun di dekat Boten di perbatasan China.

March prices

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Location Date Wet Market

AUD$/kg

Super market

$/kg

Broiler chicken

$/kg

Live Steer

Slaughter Wt

AUD$/kg

Indonesia Oct 21 14.01 14.77 3.27 4.67
Rp10,400 Nov 21 14.42 15.19 3.85 4.80
Rp10,200 Dec 21 14.71 15.49 B13.04 4.21 4.80
Rp10,200 Jan 22 14.71 14.71 3.92 5.09
Rp10,400 Feb 22 14.42 14.33 3.65 5.05
Rp10,500 March 22 15.24 16.62 B9.38 3.62 5.05
Philippines Oct 21 13.49 14.28 3.17 3.44
P36.9 Nov 21 14.36 15.18 3.52 3.66
P36.2 Dec 21 14.64 15.47 3.59 3.73
P36.5 Jan 22 14.52 15.34 4.66 3.50
P37.6 Feb 22 14.10 14.89 4.52 3.40
P38.3 March 22 14.10 14.88 4.31 3.34
Thailand Oct 21 9.27 NA 3.02 3.27
THB 24.4 Nov 21 NA NA NA 4.51
THB 24.0 Dec 21 NA NA 2.88 4.58
THB 23.2 Jan 22 11.59 NA 3.43 4.72
THB 23.7 Feb 22 11.39 NA 3.59 4.64
THB 24.5 March 22 11.02 NA 3.67 4.08
Vietnam Oct 21 NA 15.29 5.11 4.82
D16,600 Nov 21 NA 16.75 NA 4.94
D16,300 Dec 21 NA 16.75 4.91 5.03
D16,200 Jan 22 19.14 19.38 4.01 5.12
D16,500 Feb 22 18.79 16.18 7.09 5.09
D16,800 March 22 18.45 18.69 6.96 5.00
China Beijing Oct 21 NA NA NA NA
Y4.66 Nov 21 18.88 21.46 4.25 7.51
Y4.46 Dec 21 20.63 23.00 4.22 7.94
Y4.54 Jan 22 21.15 21.72 4.23 7.75
Y4.60 Feb 22 20.89 21.43 4.17 7.65
Y4.68 March 22 20.51 20.94 4.44 7.56
Shanghai Oct 21 20.62 25.16 3.81 7.46
Pork per kg Nov 21 20.60 25.32 4.29 7.55
Beijing Y21.8 Dec 21 22.11 27.35 4.04 8.03
ShanghaiY23.6 Jan 22 21.71 26.43 4.01 7.84
Feb 22 21.43 26.09 4.02 7.74
March 22 21.06 25.64 3.97 7.56
Darwin Feeder Steer June 19

$2.90

July 19

$3.00

August 19

$3.15

Sept 19

$3.15

October 19

$3.30

Nov 19

$3.35

Dec 19

$3.25

January 2020

$3.25

Feb 2020 $3.80 March 2020

$3.40

April 20

$2.80

May 20

$3.25

June 2020

$3.40

July 2020

$3.50

August 2020

$3.40

Sept 2020

$3.45

October 2020

$3.90

Nov 2020

$4.00

Dec 2020

$4.00

Jan 21

$4.10

Feb 21

$4.30

March 21

$4.30

April 21

$4.20

May 21

$4.10

June 21

$4.10

July 21

$4.05

August 21

$4.25

Sept 21

$4.20

Oct 21

$4.30

November 21

$4.50

December 21

$4.70

January 22

$5.35

February 22

$5.45

March 22

$5.53

HAVE YOUR SAY

Your email address will not be published.

Your comment will not appear until it has been moderated.
Contributions that contravene our Comments Policy will not be published.

Comments

Get Beef Central's news headlines emailed to you -
FREE!